Mahasiswa ITB Raih Best Caraka of the Year 2012

By Neli Syahida

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Dengan memboyong enam medali, ITB dinobatkan sebagai "Best Caraka of the Year" pada Festival Caraka 2012. Festival ini diadakan pada Kamis-Sabtu (06-08/12/12) berdi Crowne Plaza Hotel Semarang. Penghargaan ini bukanlah pertama kalinya diraih oleh ITB.

Keluar sebagai juara, ITB berhasil mengantongi 20 poin. Posisi di bawah ITB diduduki oleh Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang berhasil meraih 14 poin, Universitas Gadjah Mada 13 poin, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 10 poin dan berikutnya Universitas Indonesia dengan 9 poin. Adapun mahasiswa dari ITB yang berhasil menyumbangkan medali pada festival ini di antaranya Zulfikar Firdaus-Caroline P. meraih medali emas untuk Integrated Media, Zahra Sausan meraih medali perak untuk Print Ad, dan Zulfikar Firdaus-Arina Qonita meraih medali perunggu untuk TVC.

Caraka Kreatif Festival merupakan sebuah festival kreativitas yang ditujukan kepada mahasiswa se-Indonesia untuk mengasah kreativitas mahasiswa. Ketika kreativitas generasi muda meningkat, hal ini akan berimbas baik pada dunia periklanan. Acara ini digelar oleh Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) Jawa Tengah yang bekerjasama dengan Suara Merdeka. Caraka Kreatif Festival 2012 merupakan yang keempat kalinya acara tersebut digelar di Kota Semarang. Pada tahun ini, tema yang diusung adalah "Kolaboraksi" gabungan antara kolaborasi dan aksi. Dengan tema ini, diharapkan mahasiswa dapat berkolaborasi untuk mewujudkan aksi.

Seleksi untuk menentukan juara masing-masing kategori dilakukan secara bertahap. Pertama, mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Pulau Jawa mendaftar dan mengirimkan karyanya melalui website Caraka. Total karya yang masuk saat itu adalah 500. Dari 500 entry tersebut, hanya 50 karya  yang dipilih. Lima puluh finalis itu nantinya akan terpilih menjadi pemenang di masing-masing kategori. Kategori tersebut antara lain print ad, digital activation, radio ad, tvc, ambient ad, dan integrated media. Hasil karya para finalis ini juga  dipamerkan kepada masyarakat umum pada Kamis-Jumat (06-07/12/12) di Lantari 2 Mal Paragon,Semarang.