StudesntsxCEOs Summit 2012: Transfer Keterampilan Bisnis Melalui CEO Talks dan Workshop

Oleh Diviezetha Astrella Thamrin

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Bekerja sama dengan StudentsxCEOs (SXC) Summit, ITB mengadakan CEO Talks dan workshop yang berbasis bisnis pada Minggu (09/12/12). Acara yang dihelat di Aula Barat ITB ini merupakan bagian dari rangkaian acara SXC Summit, sebuah konferensi tahunan yang mengumpulkan dan mempertemukan para pemimpin bisnis dan industri di Indonesia.

Dalam CEO Talks, dihadirkan 10 CEO dari pemimpin-pemimpin bisnis besar Indonesia yang memaparkan presentasi idenya secara singkat. Beberapa diantaranya adalah Presiden Direktur PT XL Axiata Tbk., Hasnul Suhaimi, CEO Main Dealer Toyota terbesar di Indonesia, Jodjana Jody, Direktur Komersial PT KAI (Persero), Sulistyo Wimbo Hardjito, dan beberapa pempimpin-pemimpin bisnis ternama Indonesia lainnya.

Hadir pula Presiden Direktur Bakrie Telecom, Anindya Novyan Bakrie. Dalam sesi sharingnya, Anindya yang relatif muda ini menyampaikan bahwa dalam berbisnis, sebaiknya para pelaku bisnis menentukan tujuan dari bisnisnya tersebut untuk merealisasikan bisnis yang berkesinambungan. "Jangan menjadikan bisnis menjadi sesuatu yang semata-mata profit-oriented saja," cetus Anindya. Selain itu, dalam berbisnis diperlukan pula kemampuan memimpin yang terasah dengan baik untuk membangun suatu tim.

Di sela-sela CEO Talks yang terbagi menjadi 2 sesi ini pun terdapat workshop dalam bentuk kelas-kelas pelatihan (coaching classes). Hadir sebagai pembicara yang mengisi workshop tokoh-tokoh dari Astra maupun salah satu perusahaan konsultan ternama di Indonesia, Skha Consulting. Workshop dibagi dalam 6 kelas dengan variansi materi berbeda yang mengakomodasi kebutuhan peserta. Kelas-kelas ini meliputi kelas komunikasi, perencanaan finansial, kerja sama tim, jaringan, perencanaan strategis, dan pemecahan masalah. Materi-materi ini diangkat sebagai bahan workshop karena dalam menjalankan bisnis, kemampuan yang dibutuhkan bukan hanya entrepreneurial skill, namun juga kemampuan untuk menjadi pribadi unggul.

Menurut Hylda Damayanti (Teknik Industri 2010), Ketua Penyelenggara Workshop, workshop ini diadakan agar peserta tidak hanya mendengar pengalaman dari para pelaku bisnis handal Indonesia, tetapi juga langsung mendapat pembelajaran dari para pelaku bisnis profesional tersebut.

"Acara ini membuat saya dapat bertemu dengan komunitas-komunitas bisnis lain yang lebih luas. CEO Talks-nya juga menarik, dimana tiap CEO memiliki 1 karakteristik unggul yang berbeda-beda sesuai bidang masing-masing," ujar Permana Juliansyah, salah satu peserta acara.


scan for download