Talk Show CFN 2012: Hidup Sehat dengan Kimia

Oleh Neli Syahida

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Himpunan Mahasiswa Kimia AMISCA ITB (HMK AMISCA ITB) mengadakan talkshow pada Sabtu (24/11/12) di Auditorium Campus Center Timur ITB. Talkshow yang bertajuk "Stay Healthy with Chemistry" ini merupakan salah satu rangkaian acara terbesar dari rangkaian acara Chemistry for Nation (CFN) 2012 bertema "Food Chemistry" yang diusung oleh HMK AMISCA ITB.

Talkshow ini menghadirkan juru masak terkemuka kondang Indonesia, yaitu Chef Bara Pattiradjawane sebagai pemandu acara. Pembicara-pembicara lain yang dihadirkan antara lain Dr. Megawati Santoso (Dosen Kimia ITB), Dr. rer. nat. Sophi Damayanti (Dosen Sekolah Farmasi ITB) serta Mimi Hayati, S.Si (Quality Assurance Mayora Group).

Tak dapat dipungkiri, kimia merupakan ilmu yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam makanan yang kita konsumsi.  Kenyataannya, makanan yang memenuhi standar untuk dikonsumsi tidak sesederhana yang dipikirkan. Selain layak dimakan, makanan juga harus mengalami pengolahan dengan benar, mulai dari pemilihan bahan baku yang segar, cara memasak yang baik dan benar, dan penyajian makanan yang bersih.

Dalam talkshow ini, dijelaskan bagaimana cara mempertahankan nutrisi yang terkandung dalam makanan agar tubuh dapat menyerap zat-zat yang dibutuhkan secara maksimal melalui proses-proses kimia saat mengolah makanan. "Sebagai kimiawan kita perlu menyampaikan kepada masyarakat tentang pengolahan makanan yang baik dan benar," ujar Mega.

Beberapa rangkaian acara yang dihadirkan dalam CFN 2012 selama bulan November ini, di antaranya adalah Kitchen Chemistry Project (KCP), sebuah acara  eksperimen sederhana yang bertujuan untuk menanamkan ketertarikan akan sains melalui eksperimen kimia, khususnya dalam bidang kimia makanan. Acara ini ditujukan bagi siswa SD dan SMP atau sederajat di Kota Bandung.

KCP telah dilaksanakan pada Sabtu (10/11/12) lalu. Selain itu, juga masih ada acara lainnya yaitu Lomba Cerdas Tangkas Kimia (LCTK) yang merupakan lomba kimia tingkat SMA/SMK dengan peserta dari beberapa sekolah di Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten. Selanjutnya pada Sabtu (24/11/12) lalu, acara puncak dari CFN telah dilaksanakan dengan menampilkan rangkaian acara talkshow, demo memasak, dan festival jajanan rakyat.

Oleh: Nida Nurul Huda dan Farisa Nabila (IJA 2012)


scan for download