Avrologi for Champ: Seminar dan Workshop Mikrokontroller HME ITB

Oleh Neli Syahida

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Himpunan Mahasiswa Elektroteknik (HME) ITB mengadakan acara Avrologi for Champ di Ruang TVST B pada Sabtu (24/11/12). Avrologi for Champ merupkan salah satu acara rutin tahunan HME ITB yang bertujuan meningkatkan pemahaman terhadap ilmu elektroteknik dengan cara seminar dan workshop  tentang mikrokontroller AVR.

Acara ini dimulai dengan sambutan dari ketua HME ITB, Dera Hafiyyan Supriyo Suromo (Teknik Elektro 2009). Kemudian,  acara dilanjutkan dengan seminar mengenai mikrokontroller. Pembicara pada seminar ini adalah Ardimas Andi Purwita (Teknik Elektro 2007). Seminar yang berlangsung selama 100 menit ini disaksikan oleh kira-kira 120 audiensi. Setelah seminar selesai, acara dilanjutkan dengan istirahat siang.

Acara berikutnya adalah workshop mikrokontroller AVR. Sesi workshop ini dipimpin oleh Elian Daiva (Teknik Elektro 2009). Elian tidak bekerja sendirian, melainkan dibantu oleh para kru Divisi Workshop HME ITB yang berperan sebagai asisten. Pada sesi ini, para peserta diajak untuk mengaplikasikan langsung materi yang telah didapat pada sesi sebelumnya.

Para peserta diminta untuk membuat program dan melakukan implementasi pada sistem mikrokontroller. Beberapa tugas dalam workshop ini adalah pembuatan blinking LED, running LED, timer, analog to digital converter, dan aplikasi lainnya. Dalam proses pengerjaannya, para peserta diberi modul yang berisi petunjuk tentang sistem mikrokontroller yang digunakan. Selain itu, para asisten juga siap membantu para peserta workshop yang mengalami kesulitan.

Di akhir sesi workshop ini, panitia memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya mengenai materi workshop. Setelah dipastikan tidak ada pertanyaan lagi, acara Avrologi for Champ ini resmi ditutup pada pukul 15.30.

Oleh: Abdul Manan (IJA 2012)


scan for download