Berita / Utama

First Movement ITB 2012: Integrasi Panca Kehidupan untuk Indonesia

Muhammad Hanif - Minggu, 18 November 2012, 20:21:08
BANDUNG, itb.ac.id - Sebagai bagian dari masyarakat, mahasiswa ITB angkatan 2012 dalam ITB 2012 First Movement melakukan rangkaian kegiatan sosial yang berlangsung pada Rabu hingga Minggu (07-11/11/12). Kegiatan ini merupakan gerakan pertama yang dilakukan bersama-sama oleh mahasiswa ITB angkatan 2012 yang dimotori oleh Kementerian Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa, Keluarga Mahasiswa ITB. Mereka mencoba menggagas aksi kepedulian pada lima aspek kehidupan masyarakat yaitu kebersihan, kesehatan, pendidikan, seni, dan lingkungan.

Dalam tema "Integrasi Panca Kehidupan untuk Indonesia", Ketua First Movement ITB 2012 Angga Fauzan (Fakultas Seni Rupa dan Desain 2012) menjelaskan bahwa lima aspek tersebut sangat krusial menghambat kehidupan masyarakat dan dapat dibantu secara nyata. Aksi nyata mahasiswa ITB angkatan 2012 dalam mengatasi masalah kebersihan dilakukan dengan terjun langsung ke bantaran Kali Cikapundung untuk membersihkan sampah-sampah yang menyumbat.

Kegiatan yang berlangsung pada Minggu (11/11/12) ini dilakukan bersama warga sekitar. Di akhir kegiatan, perwakilan warga menuturkan bahwa mereka berharap gerakan-gerakan nyata selanjutnya dari para mahasiswa. Di hari yang sama, mahasiswa juga memberikan pengobatan gratis pada masyarakat sekitar ITB yaitu di wilayah Tamansari.

Program yang dibungkus pada aspek kesehatan ini bekerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.  "Selain pengobatan gratis, dilakukan juga pemberian kacamata plus secara gratis kepada yang membutuhkan," tukas Angga Fauzan (Fakultas Seni Rupa dan Desain 2012).

Bersama Bangun Hutan ITB 2012

Pada aspek pendidikan, program ini berupaya untuk memperbaiki rumah belajar, pemberian fasilitas belajar untuk anak jalanan, dan memberikan bantuan pengajaran secara berkala. Aksi ini bekerjasama dengan Yayasan Sahaja, Cimindi, Cimahi. Program yang berlangsung pada Sabtu (10/11/12) ini juga diwarnai dengan pemberian motivasi, demo IPTEKS, dan games kepada anak di rumah belajar tersebut.

Selain program-program tersebut, pada aspek lingkungan panitia yang bekerjasama dengan Kementerian Kehutanan RI, Perum Perhutani, dan Bank Mandiri ini akan membuat "Hutan ITB 2012". 3400 pohon akan ditanam di wilayah Gunung Geulis, Jatinangor. Area yang akan ditanami pada Sabtu (01/12/12) ini akan dilakukan pengawasan, penjagaan, dan pemeliharaan pasca penanaman.

Pada First Movement ITB 2012 juga dilangsungkan lomba fotografi. Lomba yang merupakan bagian dari aspek seni ini diikuti dari berbagai kalangan. Bertemakan "realitas bangsa", panitia berhasil mengumpulkan 280 karya dan telah dipamerkan pada Rabu hingga Jumat (07-09/11/12). Pemenang lomba dan informasi lain terkait program ini dapat diakses di http://1stmove.itb2012.com .