Rumah Belajar HME ITB: Persembahan dari HME ITB untuk Masyarakat

Oleh Ria Ayu Pramudita

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Himpunan Mahasiswa Elektroteknik (HME) ITB mengadakan acara Grand Opening Rumah Belajar HME ITB di Balai Warga RW 007 Kelurahan Lebak Siliwangi pada Sabtu (10/11/12). Rumah belajar yang terletak di kawasan Taman Hewan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat dari HME ITB dalam bentuk pembinaan kepada anak-anak yang ada di sekitar ITB. Grand Opening ini dilakukan oleh Menteri Koordinator Pengabdian Masyarakat HME ITB, Bagus Facsi Aginsa (Teknik Elektro 2009) dan Ketua RW 007, Roni Ochto Rahadian disaksikan oleh masyarakat RW 007.

Acara yang dimulai dari siang hingga sore ini diawali dengan pemotongan pita sebagai simbol pembukaan rumah belajar oleh Bagus dan Roni. Acara kemudian dilanjutkan dengan penampilan angklung dari anak-anak RW 007. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan lomba pencarian harta karun di Lapangan Seni Rupa ITB dan area ITB lainnya. Acara kemudian dilanjutkan dengan mengobrol santai dengan anak-anak di balai warga yang difungsikan juga sebagai rumah belajar.

"Rumah Belajar ini adalah salah satu program kerja dari Kementrian Pengabdian Masyarakat HME." ucap Bagus. Ketika ditanya soal harapannya soal Rumah Belajar ini, Bagus pun menjawab,"Harapan saya Rumah Belajar ini bisa menjadi program kerja yang kontinu karena agar program kerja ini bisa sukses, diperlukan pendekatan yang terus-menerus dengan masyarakat. Satu lagi harapan saya adalah rumah belajar ini bisa menjadi sekretariat keduanya HME. Jadi rumah belajar ini juga menjadi tempat kumpul massa HME yang ingin sekalian berinteraksi dengan anak-anak sekitar sini."

Hal senada juga disampaikan oleh ketua RW 007, bapak Roni,"Ketika anak-anak ITB datang kepada saya dan mengatakan ingin membentuk rumah belajar, saya sangat bersyukur. Saya sangat berharap kehadiran mahasiswa ITB di sini dapat membenahi perilaku, pendidikan, dan pola pikir anak-anak sini. Semoga juga acara pembukaan ini tidak berakhir dengan acara penutupan, ya pokoknya jangan sampai tutup lah rumah belajar ini." ucapnya.

Oleh: Abdul Manan Maksum (IJA 2012)


scan for download