ITB Raih Juara Umum pada Gemastik 2012

By Fathir Ramadhan

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) 2012 diselenggarakan di Institut Teknologi Bandung. Program tahunan Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi (Dirjen Dikti) ini bertujuan memfasilitasi mahasiswa untuk memajukan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Indonesia. Pelaksanaan Gemastik 2012 diwarnai oleh antusiasme berbagai pihak, baik panitia penyelenggara, peserta dari luar ITB, peserta ITB, maupun para anggota Himpunan Mahasiswa Informatika (HMIF) ITB.

Persiapan

Persiapan penyelenggaraan Gemastik dilakukan selama lebih dari enam bulan. Aktivitas administrasi, pembuatan situs dan database, pembuatan soal, koordinasi antara juri, DIKTI, dengan ITB, serta persiapan acara dilakukan di sela-sela perkuliahan. Bahkan tidak jarang, panitia harus pulang tengah malam demi mempersiapkan acara.

Panitia Gemastik 2012 terdiri atas dosen Program Studi Teknik Informatika ITB, mahasiswa Program Studi Teknik Informatika dan Sistem dan Teknologi Informasi, termasuk tim Dongskar Pedongi,  juara bertahan lomba pemrograman di Gemastik 2011

Sebagai bentuk dukungan, HMIF memfasilitasi persiapan para delegasi ITB. HMIF berinisiatif menggalang partisipasi lomba, serta mengadakan pelatihan untuk berbagai kategori lomba di Gemastik 2012. Para dosen pun antusias membimbing mahasiswa peserta lomba.

Tidak hanya itu, para alumni pun memberikan dukungan dalam bentuk sesi motivasi dan pelatihan presentasi. Sebanyak dua pertemuan yang menghadirkan alumni telah dilakukan oleh Lembaga Kemahasiswaan (LK) menjelang semi final dan final Gemastik 2012.

Sabet Juara Umum

Final Gemastik 2012 diselenggarakan pada Rabu dan Kamis (10-11/10/12) di Labtek V ITB. Sesi final dilakukan dalam berbagai format. Untuk perlombaan desain web, pengembangan game, atau pengembangan aplikasi, final dilakukan seperti sidang Tugas Akhir dimana peserta memberi presentasi dan juri mengajukan pertanyaan. Untuk lomba pemrograman, keamanan jaringan, dan data mining, peserta diberikan beberapa soal dan harus memberikan solusi dalam jangka waktu tertentu.

Penutupan Gemastik 2012 diselenggarakan pada Kamis (11/10/12) di Aula Barat. Tiap - tiap perguruan tinggi tampil dengan memakai kaos atau jaket almamaternya. Sebanyak kurang lebih 40 mahasiswa Universitas Indonesia tampil dengan jaket almamater kuning dengan motto "kuningkan ITB". Mahasiswa ITS tampil dengan kostum berwarna merah. Sedangkan para juri juga tampil dengan kemeja Gemastik berwarna hijau-biru.

Pada Gemastik 2012, ITB mendapat juara 2 lomba karya tulis, juara 2 dan 3 lomba data mining, juara 1 lomba pengembangan game, juara 1 lomba desain web, serta juara 1 keamanan jaringan. Prestasi ini membuat ITB meraih predikat juara umum Gemastik 2012.

 

Diambil dari halaman resmi STEI ITB dan halaman resmi Gemastik ITB dengan perubahan.

Dokumentasi: halaman resmi STEI ITB