Dies Emas Teknik Lingkungan ITB: Bersama Mewujudkan Pembangunan yang Berkelanjutan

Oleh Ria Ayu Pramudita

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id -- Program Studi Teknik Lingkungan ITB merayakan hari jadinya yang ke-50 dalam rangkaian program Dies Emas Teknik Lingkungan ITB. Program studi yang didirikan pada 10 Oktober 1962 ini merayakan ulang tahun emasnya dengan tema 'Bersama Mewujukan Pembangunan yang Berkelanjutan'. Rangkaian acara yang dilaksanakan antara lain lokakarya kurikulum, ENVaganza, Seminar Nasional Lingkungan Perairan Indonesia, Asia Pacific Landfill Symposium (APLAS), lokakarya nasional, Gempita Emas Teknik Lingkungan, penggalangan dana untuk pembangunan dan renovasi, serta homecoming alumni.

Program Studi Teknik Lingkungan (TL) ITB lahir dengan nama Departemen Teknik Penyehatan ITB di bawah naungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Sebagai yang pertama di Indonesia, lahirnya departemen ini merupakan tonggak resmi berdirinya pendidikan tinggi teknik lingkungan di Indonesia. Pada 1984, namanya berubah menjadi Departemen Teknik Lingkungan, yang kemudian berubah status menjadi Progran Studi Teknik Lingkungan di bawah naungan Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan ITB.

Banyak sumbangsih yang telah diberikan oleh TL ITB terutama dalam bentuk pengembangan ilmu, teknologi dan konsep-konsep pembangunan dengan wawasan lingkungan yang kental. Bidang yang dipegang kuat oleh TL ITB adalah bidang air bersih, air buangan, pencemaran dan kualitas udara, persampahan, sanitasi lingkungan, drainase dan kesehatan lingkungan. Dalam bentuk sumberdaya manusia, TL ITB telah mencetak ribuan alumni. Sampai saat ini, sudah lebih dari 1500 lulusan Teknik Lingkungan ITB yang tersebar di berbagai perusahaan dan institusi baik lokal, nasional maupun internasional.

Acara puncak dari perayaan Dies Emas TL ITB ini dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu (13-14/10/12). Rangkaian acara dibuka oleh pelaksanaan Lokakarya Nasional dengan tema 'Pengembangan Green Infrastructure dalam Meningkatkan Fungsi Strategis DAS Citarum' yang dilaksanakan pada Sabtu (13/10/12) di Aula Barat ITB. Pada saat yang bersamaan dilaksanakan juga Lokakarya Program Studi Teknik Lingkungan se-Indonesia yang dilaksanakan di Auditorium Campus Center Timur ITB. Dalam lokakarya ini dipaparkan tantangan pendidikan teknik lingkungan di masa yang akan datang oleh Ir. Agus Jatnika Efendi, Ph.D. Hari kedua (14/10/12) dilakukan Homecoming Alumni Teknik Lingkungan dan Penyehatan ITB yang diisi dengan acara olahraga bersama dan games, seperti bakiak dan tarik tambang. Setelah itu, dilakukan Open House Program Studi TL ITB.

Dengan diselenggarakannya Dies Emas TL ITB, diharapkan dapat dilakukan pertukaran informasi antara berbagai stakeholder pendidikan TL sehingga dapat memperkuat jejaring kerja sama antara para stakeholders dalam rangka mendukung pembangunan berkelanjutan.

Sumber: Dies Emas TL-ITB, Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum RI (1) (2)


scan for download