Integrated Career Days 2012: Jemput Kesempatan Kerja di Perusahaan Terkemuka

Oleh Vernida Mufidah

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Titian Karir Terpadu ITB menjadi agenda rutin setiap setahun tiga kali. Acara yang lebih dikenal dengan nama Integrated Career Days ini diselenggarakan pada Jumat hingga Minggu (12-14/10/12) di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga). Berbagai perusahaan baik perusahaan nasional maupun internasional berpartisipasi dan tentunya ingin menjaring sarjana-sarjana baru untuk bergabung.

Dari luar Sabuga terlihat antrian mahasiswa dan sarjana baru dengan pakaian rapi untuk memasuki acara. Berbeda dengan beberapa acara sebelumnya, kali ini Career Days memiliki aturan baru dengan mewajibkan adanya tiket yang telah dicetak bagi member ITB Career Center. Bagi pengunjung yang tidak memiliki tiket, dapat membeli tiket dengan cara mengantri. Begitu pula bagi pengunjung yang belum mencetak tiket. Banyaknya pengunjung yang belum memiliki tiket inilah yang menyebabkan antrian yang padat dan panjang.

Pengunjung Career Days tidak hanya mahasiswa dan sarjana dari ITB, berbagai sarjana dari universitas lain pun ikut bersaing dalam mendapatkan pekerjaan di berbagai perusahaan terkemuka.Beberapa perusahaan bahkan sangat diminati oleh pengunjung dengan penuhnya stand pendaftaran untuk mengikuti seleksi pegawai. Adapun beberapa perusahaan tersebut seperti Astra, Pertamina, Schlumberger, BP Tangguh, dan Kaltim Prima Coal.

Di samping dapat mengunjungi dan mendaftar dalam seleksi di stand perusahaan, terdapat presentasi dari sebagian perusahaan. Ruang presentasi terbagi menjadi tiga, dimana setiap waktu terdapat presentasi yang menjelaskan perusahaan masing-masing dan proses seleksi yang dilakukan. Hal ini akan menjadi pertimbangan bagi para pencari kerja.

Menjadi Anggota ITB Career Center Banyak Manfaatnya

ITB Career Center kini makin berkembang seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan informasi rekrutmen berbagai perusahaan. Salah satunya dengan adanya keanggotaan yang mudah didapatkan. Bagi mahasiswa dan sarjana lulusan ITB keanggotaan ini dapat diperoleh dengan gratis seumur hidup. Namun bagi umum, dapat diperoleh dengan membayar sesuai waktu keanggotaan.

Keanggotaan ITB Career Center ini memiliki banyak manfaat. Anggota akan mendapatkan informasi mengenai berbagai rekrutmen secara rutin. Selain itu dapat langsung mendaftar pada proses rekrutmen dengan mengisi data diri anggota. Selain itu setiap acara Integrated Career Days anggota dapat masuk secara gratis hanya dengan menunjukkan tiket yang telah dicetak tanpa perlu mengantri. Tentunya dengan berkembangnya sistem ini diharapkan dapat memudahkan calon sarjana dan sarjana ITB untuk mendapatkan pekerjaan.


scan for download