Berita / Institusi

Visitasi ABEST21 Peer Review Team

Beni Rio Hermanto - Jumat, 21 September 2012, 23:06:57
ABEST21BANDUNG, itb.ac.id -- Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB kedatangan tim Peer Review dari the Alliance on Business Education and Scholarship for Tomorrow, a 21st century organization (ABEST21) pada Senin (03/09/12). Termasuk dalam yang berkunjung adalah Presiden ABEST21 Fumio Itoh dari Jepang, Ketua tim Ruslan Prijadi dari Universitas Indonesia (UI), John Benson dari University of South Australia, Pichayalak Pichayakul dari Chiang Mai University, dan Yasmine Nasution dari Universitas Indonesia. Kedatangan tim ini adalah untuk melakukan assessment atas program studi Master of Business Administration (MBA) dari SBM ITB.Rektor ITB, Prof. Akhmaloka, Ph.D beserta jajarannya ikut menyambut kunjungan tim Peer Review ini pada pagi harinya di gedung rektorat Jalan Tamansari. Proses evaluasi kemudian dilangsungkan dengan melakukan wawancara kepada jajaran pimpinan dan pejabat SBM ITB, wawancara mahasiswa dan alumni dari MBA ITB, serta kunjungan untuk melihat fasilitas sarana prasarana yang digunakan oleh MBA ITB.

ABEST21Kunjungan tim Peer Review merupakan bagian dari proses akreditasi program studi MBA yang berada di bawah naungan SBM ITB. Proses akreditasi ini sudah berlangsung sejak SBM menjadi anggota dari ABEST21 pada 2010 dengan puncaknya evaluasi oleh tim Peer Review ini.

ABEST21 tergolong organisasi baru yang berdiri pada tahun 2005 di Jepang. Dari 34 sekolah bisnis yang menjadi anggotanya, hanya 11 universitas telah mendapatkan akreditasi. Aliansi ini memiliki misi meningkatkan manajemen pendidikan dari sekolah bisnis dengan cara mendorong kerjasama antar anggotanya dalam upaya bersama menghadapi tantangan di abad ke-21.  ABEST21 telah mengakreditasi sejumlah sekolah bisnis top Asia seperti S.P. Jain School of Global Management dari Singapura, Waseda Business School dari Waseda University Jepang, dan Graduate School of Management dari Kyoto University Jepang. Sekolah bisnis dari Indonesia yang telah mendapatkan akreditasi adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya.

ABEST21Bagi SBM ITB, mendapatkan akreditasi dari ABEST21, organisasi abad ke-21 yang merupakan aliansi pendidikan bisnis dan beasiswa, adalah sebuah langkah awal untuk meningkatkan standar mutu pelayanan pendidikan tinggi di bidang bisnis dan manajemen, dan meningkatkan peluang untuk memperoleh beasiswa bagi mahasiswa SBM.

Langkah selanjutnya yang telah SBM rencanakan adalah mendapatkan akreditasi dari European Foundation for Management Development (EFMD) yang mengakreditasi sekolah bisnis sekelas University of St. Gallen, University of Cambridge, dan the Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) yang mengakreditasi sekolah bisnis sekelas Harvard Business School dan MIT Sloan School of Management.

Lulusnya SBM ITB diakreditasi oleh ABEST21 akan diumumkan pada Maret 2013 di Jepang.