Berita / Utama

Dua Program Studi FTI ITB Terakreditasi Internasional

Ria Ayu Pramudita - Sabtu, 15 September 2012, 23:51:47
BANDUNG, itb.ac.id -- Dua program studi dalam naungan Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITB, yakni Teknik Fisika dan Teknik Kimia, telah berhasil memperoleh akreditasi internasional dari Accreditation Board for Engineering & Technology (ABET) yang berbasis di Amerika Serikat pada pertengahan Agustus 2012. ABET merupakan lembaga akreditasi independen terkemuka dari Amerika Serikat untuk program-program pendidikan tinggi teknik. Akreditasi ABET adalah jaminan bahwa program studi yang memilikinya telah memenuhi standar kualitas pendidikan yang ditetapkan dunia kerja, yang dalam hal ini diwakili oleh asosiasi profesi internasional yang relevan. Dua program studi ini, bersama dengan program studi Teknik Elektro dan Teknik Kelautan, merupakan empat program studi pertama di Indonesia yang mendapatkan akreditasi dari ABET.semakin mengukuhkan langkah ITB untuk menjadi World-Class University.

Akreditasi ini adalah pengakuan internasional atas kualitas seluruh komponen dan siklus proses pembelajaran suatu program studi kerekayasaan. Karenanya, pencapaian ini mensejajarkan ITB dengan berbagai universitas ternama yang juga meraih ABET, seperti Carnegie-Mellon University, Harvard University, Pennsylvania State University dan Massachusetts Institute of Technology di Amerika Serikat.

Sesuai dengan Visi ITB sebagai Perguruan Tinggi yang unggul, bermartabat, mandiri, dan diakui dunia serta memandu perubahan yang mampu meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia dan dunia (SK Senat Akademik ITB No 09/SK/I1-SA/OT/2011), yang diwujudkan melalui Rencana Strategis (Renstra) ITB 2010-2015, ITB berupaya untuk memperoleh pengakuan internasional terhadap mutu kurikulum, metode pembelajaran, tenaga pengajar, serta prasarana pendukung pembelajaran.

Pencapaian akreditasi internasional ABET atas sejumlah program studi ITB tentunya merupakan lompatan besar dalam usaha ITB untuk mencapai visi tersebut. Melalui internasionalisasi ini, selanjutnya akan dibangun jejaring internasional bagi dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat secara melembaga, untuk memperkuat peran lembaga Perguruan Tinggi Indonesia di dalam pengembangan ilmu dan teknologi bangsa.

Makna Akreditasi ABET

Akreditasi ABET adalah jaminan bahwa program studi yang memilikinya telah memenuhi standar kualitas pendidikan yang ditetapkan dunia kerja, yang dalam hal ini diwakili oleh asosiasi profesi internasional yang relevan. Hal ini terwujud dari kerjasama ABET dengan berbagai asosiasi profesi internasional yang melahirkan kriteria baku mutu pendidikan tinggi kerekayasaan ABET. ABET hanya mengevaluasi program studi yang telah terakreditasi secara nasional atau regional. Untuk Indonesia, ini berarti ABET hanya akan mengevaluasi Program Studi yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Akreditasi ABET merupakan jaminan bagi para calon mahasiswa dan orang tua, bahwa mereka memilih institusi pendidikan yang berkualitas. Akreditasi ini juga merupakan jaminan bagi para pengguna lulusan bahwa mereka merekrut lulusan yang siap menghadapi tuntutan adaptasi dan profesionalisme industri. Status akreditasi program studi adalah salah satu pertimbangan yang digunakan berbagai lembaga sertifikasi profesional untuk menyeleksi calon penerimanya. Dari sisi Perguruan Tinggi, berbagai kriteria serta struktur manajemen mutu Program Studi yang dipersyaratkan ABET juga menjadi penuntun untuk menyusun struktur mekanisme assessment, evaluasi dan peningkatan mutu pembelajaran.

Hasil Dukungan dari Seluruh Pihak

Persiapan akreditasi internasional program studi Sarjana Teknik Kimia dan program studi Sarjana Teknik Fisika ITB dimulai sekitar 15 tahun yang lalu. Berbagai pembenahan yang telah direalisasikan oleh Program Studi Sarjana Teknik Kimia dan Program Studi Sarjana Teknik Fisika memperoleh dukungan pemikiran serta finansial dari jajaran pimpinan ITB, Dewan Penasehat (Advisory Board) FTI-ITB, serta segenap alumni Program Studi Teknik Kimia dan Teknik Fisika. Dukungan ini antara lain mencakup hal-hal sebagai berikut:

  • sumbang saran dalam penyusunan Tujuan Kependidikan Program (Program Educational Objectives), yang merumuskan atribut yang terbentuk dalam diri para lulusan dalam jangka waktu hingga 5 tahun sejak kelulusan mereka,
  • sumbang saran serta bantuan teknis/profesional untuk perbaikan sistem pengelolaan keselamatan kerja para mahasiswa, dosen serta karyawan Program Studi TK-ITB,
  • umpan balik dari alumni mengenai arahan pengembangan kurikulum, serta relevansi profil kompetensi engineering standar dari ABET, serta
  • modernisasi peralatan praktikum laboratorium, yang mencakup modernisasi sistem instrumentasi dan pengadaan unit-unit baru.

 

Sumber: FTI-ITB