Pameran Fotografi Geologi, Pamerkan Hasil Kontes Fotografi Berskala Nasional

Oleh Diviezetha Astrella Thamrin

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Pameran fotografi yang juga merupakan ajang pameran kontes fotografi diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Geologi (HMTG) GEA ITB. Bertempat di Galeri Gedung Campus Center Barat ITB, pameran yang diadakan pada Kamis (13/09/12) ini merupakan bagian dari rangkaian acara Geology Student Competition yang merupakan acara biannual GEA. Dalam Geology Student Competition ini diadakan rangkaian kegiatan festival Geologi, Geo Track, kompetisi karya tulis eksternal, kompetisi INTI, seminar Unconventional Energy, serta lomba cerdas cermat Geologi tingkat SMA.

Pada tahun ini, Geology is All Around diusung sebagai tema kontes fotografi. Tema ini dipilih untuk memasyarakatkan geologi bagi masyarakat umum, dan agar masyarakat lebih "dekat" dengan alam serta lingkungan. Sebagai mahasiswa ITB, GEA ingin menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan. Berbagai karya fotografi yang mengandung unsur geologi yang dekat dengan kehidupan sehari-hari dipamerkan dalam pameran ini, seperti foto-foto pegunungan, batuan, sungai, berbagai macam kaldera, lembah, dan kontur-kontur alam lainnya dengan warna-warni alam yang menarik.

"Dengan diadakannya pameran ini, kami berharap pengetahuan masyarakat luas menjadi lebih terbuka, dan masyarakat menjadi akrab dengan geologi serta hal-hal kebumian lainnya," kata Arlangga Vidi, ketua penyelenggara acara.

Pameran ini terbuka bagi semua kalangan dan tidak dipungut biaya. Pengunjung dapat melihat hasil-hasil karya fotografi dari berbagai kalangan yang diaplikasikan oleh para peserta kontes fotografi yang berskala nasional ini. Puluhan foto yang dikirimkan oleh berbagai orang dengan beragam profesi kemudian diseleksi, dan foto-foto terbaiklah yang kemudian ditampilkan pada pameran foto. Terdapat pula hadiah bagi pemenang kontes fotografi untuk juara 1, juara 2, juara 3, serta juara favorit berupa piala, sertifikat, dan sejumlah uang tunai.

"Pameran ini menarik, foto-foto yang dipamerkan banyak yang unik dan tidak biasa. Akan lebih menarik lagi jika foto-foto ini dikelompokkan per tema dan ada penjelasan singkat yang dapat menambah pengetahuan dan minat," komentar Meirita Artanti, salah satu pengunjung.


Selenggarakan Pula Cerdas Cermat Kebumian

Selain pameran hasil kontes fotografi, GEA juga menyelenggarakan kompetisi yang bertempat di Auditorium Campus Center Barat pada saat yang bersamaan. Kompetisi keilmuan geologi dan kebumian tingkat SMA ini diperuntukkan bagi para pelajar SMA atau sederajat se-Bandung Raya dan dikemas dalam bentuk cerdas cermat.

Kompetisi cerdas cermat ini diharapkan dapat mengedukasi dan meningkatkan pengetahuan siswa SMA dalam bidang kebumian, khususnya geologi. Tim pertama dari SMA 1 Cisarua berhasil menyabet juara 1, diikuti dengan tim pertama SMA 1 Ciparay sebagai juara kedua dan tim kedua SMA 1 Cisarua sebagai juara kedua.


scan for download