Berita / Utama

ITB Akan Jadi Tuan Rumah Dua Turnamen Debat Nasional

Fathir Ramadhan - Selasa, 31 Juli 2012, 06:18:20
BANDUNG, itb.ac.id - Unit debat mahasiswa Student English Forum (SEF) ITB akan menyelenggarakan dua kejuaraan debat Bahasa Inggris mahasiswa tingkat nasional. Dua kejuaraan ini akan diselenggarakan dalam waktu kurang dari lima bulan, yakni akhir September 2012 dan Januari 2013.Pada September 2012, SEF ITB akan menggelar Ganesha Open Debate Championship 2012. Kejuaraan ini memiliki format British Parliamentary (terdapat empat tim dalam satu pertandingan, tiap tim beranggotakan dua orang - red). Tak hanya yang berstatus mahasiswa, siswa Sekolah Menengah dan alumni pun dapat turut bertanding di kejuaraan ini. Bahkan, satu tim dapat terdiri atas individu dari institusi (sekolah maupun perguruan tinggi) yang berbeda. Hal ini sejalan dengan tujuan debat, yakni mempersiapkan generasi pemikir kritis, yang sejatinya tidak terbatas pada institusi, status pendidikan, dan usia tertentu saja.

Pada Januari 2013, unit mahasiswa ini akan menyelenggarakan Indonesian Varsities English Debate (IVED) Championship 2013. Tidak seperti Ganesha Opean, IVED memiliki format Australasian Parliamentary (terdapat dua tim dalam satu pertandingan, tiap tim beranggotakan tiga orang - red). IVED adalah kompetisi debat parlementer yang pertama se-Indonesia. Sejak pertama kali digelar tahun 1998, IVED diselenggarakan oleh tuan rumah yang berganti-ganti setiap tahunnya, yang dipilih melalui pertemuan dewan 'council meeting'.

Pada IVED 2012 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), SEF ITB mendapat kepercayaan untuk menjadi tuan rumah IVED 2013. Sepanjang sejarah penyelenggaraan turnamen ini, SEF ITB telah tiga kali menjadi penyelenggara, yakni pada 2001, 2010, dan 2013.