Tingkatkan Minat Baca Mahasiswa dengan Antusias Membaca!

Oleh Diviezetha Astrella Thamrin

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Membaca merupakan salah satu kegiatan penting yang tak lepas dari aktivitas sehari-hari. Dengan membaca, dapat diperoleh berbagai manfaat dan informasi yang dapat memperluas wawasan kita, terlebih lagi mahasiswa. Dalam kesehariannya, mahasiswa tak lepas dari rutinitas membaca dalam menimba ilmu pengetahuan. Didasari oleh keinginan untuk meningkatkan minat baca mahasiswa ITB, Dwininta Widiastuti (Biologi 2007) di bawah Biro Komunikasi dan Informasi KM-ITB kepengurusan Tizar Bijaksana menginisiasikan Antusias Membaca!.

Antusias Membaca! adalah suatu sarana yang disediakan untuk meningkatkan minat baca mahasiswa ITB secara berkelanjutan. Proyek ini berawal dari ide untuk memfasilitasi pemanfaatan waktu mahasiswa yang sebagian besar dihabiskan pada ruang-ruang publik kampus. Disajikan dalam bentuk rak-rak kecil yang berisi majalah-majalah ilmiah populer, Antusias Membaca! diinisiasikan untuk memberikan asupan berita aktual untuk menjawab kebutuhan informasi pada era globalisasi ini.

Saat ini, telah disebar 9 rak di berbagai area-area strategis kampus. Rak-rak telah selesai dipasang pada 30 April 2012 lalu dengan bekerja sama dengan IA (Ikatan Alumni) ITB Angkatan 1977 dan didukung oleh Lembaga Kemahasiswaan serta Direktorat Sarana dan Prasarana ITB. Area-area yang menjadi titik penyebaran rak Antusias Membaca! ini biasanya digunakan banyak orang sebagai tempat berkumpul, seperti Gedung Kuliah Umum Timur, selasar Campus Center Barat, basement Campus Center Barat, ATM Center, area Student Lounge Sipil, Oktagon, TVST, dan area hotspot Gedung Benny Subianto (Labtek V).

Isi dari rak-rak Antusias Membaca! saat ini difokuskan pada majalah-majalah ilmiah populer seperti National Geographic, Energi, SOC, dan "EASE Magazine" AIESEC. Namun selain majalah-majalah tersebut, Antusias Membaca! juga mulai bekerja sama dengan beberapa himpunan untuk menampilkan majalah-majalah keprofesian himpunan seperti "E!Bio" milik Himpunan Mahasiswa Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (HIMASITH) NYMPHAEA, "Geosphere" dari Ikatan Mahasiswa Geodesi (IMG), dan "Cremona" dari Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS).

Menurut Aldila Pradhana (Teknik Geodesi 2008), manajer partnership Antusias Membaca!, majalah-majalah keprofesian himpunan sebenarnya berisi banyak sekali hal yang bersifat edukatif. Sayangnya, selama ini majalah-majalah tersebut agak sulit dicari karena penyebaran yang biasanya hanya melalui himpunan dengan jumlah yang terbatas. "Banyak orang tidak berkesempatan membaca majalah-majalah keprofesian himpunan tersebut. Kami sekaligus bertindak sarana untuk menyebarkan majalah-majalah himpunan," ujar Aldila, yang saat ini juga tengah mengusahakan kerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Planologi (HMP) untuk penyebaran majalah "The Planners" HMP.

Dengan mulai disebarnya rak-rak Antusias Membaca!, Aldila dan tim Antusias Membaca! berharap minat baca mahasiswa ITB semakin meningkat dan mahasiswa ITB semakin gemar membuat tulisan-tulisan ilmiah populer. Selain itu, Antusias Membaca! juga diharapkan dapat menjadi wadah publikasi majalah keprofesian himpunan-himpunan ITB yang edukatif.


scan for download