Berita / Utama

Peringati 92 Tahun PTTI, ITB Berikan 18 Penghargaan

Muhammad Hanif - Kamis, 5 Juli 2012, 08:19:44
BANDUNG, itb.ac.id - Dalam rangka memperingati ulang tahun Pendidikan Tinggi Teknik Indonesia (PTTI) ke-92 yang jatuh pada Selasa (03/07/12), ITB memberikan penghargaan kepada 18 tokoh yang memiliki kontribusi dan prestasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni di Indonesia. Acara yang berlangsung di Aula Barat ITB ini dihadiri oleh Rektor ITB, para dekan, dosen, dan perwakilan mahasiswa ITB.

Agenda dimulai dengan sambutan Rektor ITB, Prof. Akhmaloka. Selanjutnya dilaksanakan orasi ilmiah oleh Menteri Pekerjaan Umum Dr. (HC) Ir. Djoko Kirmanto, Dipl. HE, pemberian penghargaan ITB, dan juga penyerahan cenderamata kepada mantan Rektor ITB. Orasi ilmiah berjudul "Tantangan Pengelolaan Sumber Daya Air di Indonesia" disampaikan oleh Djoko Kirmanto, penerima Ganesa Prajamanggala Bakti Utama, dihadapan para tamu undangan yang berasal dari berbagai kalangan.

Peringatan ke-92 ini merupakan tanda telah berdirinya ITB sejak 1920. Dalam pembuka sambutannya Prof. Akhmaloka menceritakan sejarah ITB secara singkat. "Pada Sabtu, 3 Juli, 92 tahun yang lalu, Technische Hogeschool (TH) diresmikan oleh Gubernur Jendral Jhr. Mr. J.P. Graaf van Limburg Stirum di tengah persawahan yang membentang diantara Cikapundung dan Jalan Dago," ujar Akhmaloka.

Penghargaan Ganesha

Di sidang terbuka ini juga diberikan penghargaan ITB kepada 18 insan yang memiliki kontribusi dan prestasi dalam berbagai bidang seperti ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan desain. Penghargaan yang diberikan pada agenda ini diantaranya: Ganesa Prajamanggala Bakti Adiutama, Ganesa Prajamanggala Bakti Utama, Ganesa Wirya Jasa Utama, Ganesa Widya Jasa Adiutama, dan Ganesa Widya Jasa Utama.

Wakil Rektor Bidang Komunikasi, Kemitraan, dan Alumni Prof. Ir. Hasanudin Z. Abidin, M.Sc, Ph. D menjelaskan bahwa mekanisme penyeleksian dilakukan dari usulan masing-masing program studi hingga dilakukan penyeleksian pada rapat pimpinan. Hasil dari rapat pimpinan kemudian didiskusikan kembali bersama para dekan dan pimpinan. Berikut nama-nama tokoh terpilih yang mendapatkan penghargaan Ganesa:

Ganesa Prajamanggala Bakti Adiutama
Dr. (HC) Djoko Kirmanto, Dipl. HE
A.R. Soehoed

Ganesa Prajamanggala Bakti Utama
Ir. Budi Yuwono Prawirosudirjo, Dipl. SE.
Ir. H. Lex Laksamana

Ganesa Wirya Jasa Utama
Erry Riyana Hardjapamekas
RJ. Lino
Ir. Fazwar Bujang, MM, IPM
Ir. Karen Agustiawan
Ir. Made Dana M. Tangkas
Ir. Abdul Hamid Batubara
Ir. R. Prijono
Ir. Rinaldi Firmansyah, MBA

Ganesa Wirya Jasa Adiutama
Prof. Christopher Silver, Ph. D.

Ganesa Widya Jasa Utama
F. Silaban
Dr. Martha Tilaar
Andi Wijaya, Apt, Ph.D., MBA
Dra. Dian Wahdiani Syarief, Apt
Drs. Suyadi