Berita / Utama

SEF ITB Wakili Indonesia untuk Kompetisi Debat di Berlin, Jerman

Fathir Ramadhan - Sabtu, 30 Juni 2012, 15:32:16
BALI, itb.ac.id - Dua orang anggota Student English Forum (SEF) ITB, Kirana Kania (Oseanografi 2008) dan Jane Revevalin (Desain Komunikasi Visual 2011), menjadi juara ketiga pada National University English Debating Championship (NUEDC) 2012. Dengan menjadi juara ketiga, ITB berhak mendapat dukungan sponsor dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Direjen Dikti) Indonesia untuk turnamen debat bahasa Inggris mahasiswa tingkat dunia. Kirana dan Jane menjadi salah satu perwakilan Indonesia pada ajang Worlds Universities Debating Championship (WUDC) di Berlin, Jerman, yang diselenggarakan pada Desember 2012 nanti.NUEDC adalah kejuaraan debat bahasa Inggris mahasiswa tingkat nasional. Ajang ini telah beberapa kali diselenggarakan sebagai mekanisme seleksi untuk menentukan tim dari Indonesia yang berhak didukung oleh Dirjen Dikti. Empat tim terpilih berhak menghadiri WUDC dengan disponsori oleh Dirjen Dikti. Tidak heran jika NUEDC menjadi salah satu kejuaraan debat mahasiswa yang paling kompetitif di Indonesia.

ITB sendiri merupakan salah satu tim terkuat di tingkat nasional. Pada tiga dari empat NUEDC terakhir, ITB selalu berhasil mencapai babak final (salah satu tim empat besar) dan berhak menghadiri turnamen debat tingkat dunia dengan didukung oleh Dirjen Dikti. Setelah sukses membuktikan kemampuan pada NUEDC, mahasiswa ITB dapat mengikuti kejuaraan debat tingkat dunia di Turki (2009), Filipina (2011), dan Jerman (Desember 2012 mendatang) tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Salah satu delegasi ITB, Jane, kala mengikuti kejuaraan NUEDC 2012 masih berstatus sebagai mahasiswa tahun pertama, namun sudah mampu berdiri di panggung final NUEDC bersama mahasiswa - mahasiswa tingkat senior lainnya. Tidak hanya itu, pada kejuaraan bergengsi ini, Jane juga terpilih sebagai 10th best speaker, sedangkan Kirana terpilih sebagai 4th best speaker.

NUEDC 2012 terlaksana di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Bali, pada Jumat - Rabu (22-27/06/2012) dan dihadiri oleh puluhan tim dari perguruan tinggi se-Indonesia. Juara pertama diraih oleh Universitas Bina Nusantara, sedangkan juara kedua diraih oleh Universitas Katolik Atma Jaya.