Berita / Utama

KRN 2012: Tiga Tim ITB Lolos ke Tingkat Nasional

Gilang Ariawan Wicaksono - Selasa, 29 Mei 2012, 14:37:21
BANDUNG, itb.ac.id - Sabtu (26/05/12) lalu, ITB Jatinangor menjadi ajang perhelatan Kontes Robot Nasional 2012 Regional 2. Acara ini merupakan babak penyisihan untuk Kontes Robot Nasional (KRN) 2012 tingkat nasional yang akan digelar pada 29 Juni - 1 Juli 2012 di Sasana Budaya Ganesha, Bandung. Tim yang lolos seleksi di regional 2 ini nantinya mendapatkan hak untuk berkompetisi di tingkat nasional. Kontes ini diikuti oleh 67 tim dari 29 perguruan tinggi yang berasal dari Jawa Barat, DKI Jakarta, serta Banten.

KRN terdiri dari tiga kategori: Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI), dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI). Untuk KRCI, terbagi lagi menjadi tiga divisi yaitu divisi Berkaki, divisi Beroda, dan divisi Robo Soccer Humanoid League (RSHL).

Untuk KRI, pemenang tingkat nasional akan diikutsertakan dalam Kontes Robot Internasional ABU Robocon 2012 yang tahun ini akan diselenggarakan di Hongkong, China, pada 19 Agustus 2012. Tema yang diusung untuk KRI tahun ini adalah "Grebeg Berkah Kedamaian dan Kesejahteraan", sesuai dengan tema kontes Internasional yaitu "Peng On Dai Gat", In Pursuit of Peace and Prosperity.

Pada KRN Regional 2, ITB mengirimkan masing-masing satu tim untuk kategori KRI, KRCI berkaki, KRCI beroda, dan KRCI RSHL. Sedangkan untuk KRSI, tidak ada seleksi tingkat regional dan tim dari ITB akan langsung berkompetisi di tingkat nasional.

Dari perlombaan yang telah berlangsung, tiga tim dari ITB berhasil lolos ke kompetisi tingkat nasional. Ketiga tim ini adalah tim Majreha (KRCI Berkaki, Juara I), tim Ankusa (KRI, Juara II), dan tim Dago Hoogeschool (KRCI RSHL, Juara III). Satu lagi dari kategori KRCI beroda yaitu tim Cakra Ganesha masih menunggu kepastian lolos dari dewan juri saat berita ini ditulis. Daftar lengkap pemenang KRI KRCI Regional 2 dapat dilihat di laman berikut.