ITB Terima 1918 Calon Mahasiswa Baru melalui SNMPTN Jalur Undangan

Oleh Neli Syahida

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 Jalur Undangan telah diumumkan pada Sabtu (26/05/12). Pada tahun ini, ITB menerima sebanyak 1918 calon mahasiswa baru yang tersebar di semua fakultas/sekolah di ITB. Perbandingan siswa yang lolos dengan siswa pelamar adalah berkisar antara 1:6 dan 1:7.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB, Prof.Dr.Ir. Kadarsah Suryadi, mengatakan daya tampung ITB untuk jalur undangan adalah 60% dari total kuota. Artinya, tiap fakultas di ITB menyediakan 60 persen dari daya tampung fakultasnya melalui jalur undangan, kecuali Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) yang membutuhkan tes keterampilan khusus. Kuota yang tersisa untuk SNMPTN jalur tertulis sekitar 1420 siswa.

Bagi para siswa yang lolos melalui jalur undangan diharuskan untuk melakukan pendaftaran awal pada Selasa (12/06/12) di Gedung Sasana Budaya Ganesha. Bagi mahasiswa yang tidak melakukan pendaftaran, maka dianggap mengundurkan diri. Persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa dapat diakses di http://snmptn.itb.ac.id/.

Selanjutnya, calon mahasiswa yang dinyatakan lulus harus mengikuti program Matrikulasi dan Pengembangan Karakter pada 18 Juni 2012 - 27 Juli 2012. Kegiatan Matrikulasi dan Pengembangan Karakter berisi materi terkait fakultas/sekolah, peningkatan kemampuan soft skill dan keterampilan belajar (learning skill) , penyusunan karya ilmiah terkait fakultas/sekolah, pemberian wawasan kehidupan di perguruan tinggi, peraturan akademik dan kemahasiswaan, dan pengenalan fasilitas kampus.

Sesuai Kesanggupan

"Dari 1918 pendaftar yang diterima, sebanyak 495 orang mengajukan BIDIK MISI dan 55 orang minta pembebasan biaya secara penuh," ujar Kadarsyah, seperti yang dikutip dari Okezone.com. "Namun, tidak semua permohonan mereka tidak semuanya dikabulkan. Akan dilakukan verifikasi data ekonomi terlebih dahulu," ujarnya kemudian. Kuota BIDIK MISI untuk mahasiswa ITB 2012 sebanyak 450 beasiswa.

Agar tercapai keadilan dalam membayar biaya pendidikan, ITB juga menyediakan subsidi biaya pendidikan bagi calon mahasiswanya. Mahasiswa yang akan mendapatkan pembebasan biaya secara penuh atau subsidi 100% sebanyak 650 orang. Jumlah tersebut belum termasuk dengan calon mahasiswa yang meminta pembebasan parsial (20%, 40%, 60%, 80%) yang jumlahnya mencapai 40 persen dari jumlah mahasiswa baru yang diterima ITB.


scan for download