PMW 2012: Tumbuhkan Mental Wirausaha Mahasiswa

Oleh Muhammad Hanif

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Dalam rangka mengembangkan semangat kewirausahaan dan juga menumbuhkan jiwa wirausaha, Lembaga Kemahasiswaan ITB kembali mengadakan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) 2012. Berkaitan dengan program tersebut, pada Sabtu (05/05/12) bertempat di Ruang Seminar GKU Timur, ITB Career Center Lembaga Kemahasiswaan ITB mengadakan sosialisasi seputar program tahunan tersebut.
"Sosialisasi diadakan untuk memberikan pemaparan mengenai prosedur dan juga ketentuan untuk mengikuti program ini," ungkap Direktur ITB Career Center, Dr. Eng. Bambang Setia Budi, S.T., M.T.. Dalam pemaparannya, Bambang mengemukakan bahwa ada beberapa perubahan terkait ketentuan program ini dibandingkan tahun lalu. Beberapa perubahan yaitu mengenai persyaratan peserta yang telah menyelesaikan dua semester pada Juni 2012 dan harus masih berstatus mahasiswa hingga April 2013.

"Berkaitan dengan persyaratan administrasi, peserta juga diwajibkan untuk menyerahkan esai bertema motivasi berwirausaha," tambah Bambang. Dalam kesempatan sosialisasi tersebut juga dijelaskan secara detail mengenai pembuatan proposal pengajuan hingga rencana kegiatan PMW 2012. Seleksi program yang akan dimulai bulan Juni ini berlangsung hingga 31 Mei 2012. Sedangkan batas akhir pengumpulan proposal yaitu pada 25 Mei 2012.

Salah satu yang menjadi pertimbangan penilaian diterima atau tidaknya proposal PMW 2012 yaitu kandungan penggunaan teknologi, ilmu pengetahuan, dan seni dalam program bisnis yang diajukan. Selain itu kreativitas dan analisa kelayakan finansial serta rencana tahapan implementasi juga menjadi bobot penilaian seleksi.

Tumbuhkan Mental Wirausaha

Program Mahasiswa Wirausaha 2012 yang didanai oleh DIPA DIKTI ini memiliki beberapa sasaran. "Tujuan utamanya adalah menumbuhkan mental wirausaha pada mahasiswa," ujar Bambang. Selain itu tujuan lain diadakannya program ini adalah menumbuhkan wirausahawan baru yang berpendidikan tinggi dan juga menciptakan unit bisnis baru yang berbasis ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Untuk para peserta yang lolos seleksi akan diberikan pelatihan kewirausahaan (coaching) sebanyak enam pertemuan. Coaching yang akan diberikan berupa kuliah kewirausahaan, monitoring, dan pendampingan. Berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, proyek Program Mahasiswa Wirausaha tahun ini akan dipamerkan dalam rangkaian Titian Karir Terpadu ITB (Integrated Career Days) di cluster Entrepreneur.

Informasi lebih lanjut Program Mahasiswa Wirausaha 2012 dapat diakses di ITB Career Center

scan for download