Pelantikan Presiden KM ITB dan PJS MWA-WM 2012/2013

Oleh Muhammad Hanif

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Kabinet KM ITB 2011/2012 mengakhiri masa baktinya pada Senin (23/04/12) di hadapan masa himpunan mahasiswa jurusan ITB. Tizar Bijaksana (Perencanaan Wilayah dan Kota 2007) menyerahkan tampu kepemimpinannya kepada Anjar Dimara Sakti (Teknik Geodesi 2008) sebagai Presiden KM-ITB 2012/2013 terpilih. Secara simbolis pelantikan KM-ITB dilakukan dengan penyerahan bendera KM-ITB dari Tizar kepada Anjar.

Selain pelantikan presiden KM ITB 2012/2013, dilaksanakan juga pelantikan Penanggung Jawab Sementara (PJS) Majelis Wali Amanat Wakil Mahasiswa (MWA-WM) ITB 2012/2013, Briliandaru Mahardhiyasa Pribadi (Teknik Elektro 2008). Berdasarkan ketetapan Kongres KM-ITB 002/2012 tertanggal 19 April 2012, Briliandaru diberi mandat oleh Kongres KM-ITB untuk menggantikan Syarif Rousyan Fikri (Teknik Elektro 2007) PJS MWA-WM 2011/2012.

Pelantikan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh masa KM-ITB. Acara dilanjutkan dengan pembacaan sumpah pengangkatan jabatan yang dipimpin oleh Arse Nur Hidayat (Teknik Geodesi 2008), Ketua Kongres KM-ITB 2012/2013. "Jadikan ITB ini sebagai kampus harapan, tidak ada langkah semu yang jalan ditempat. Oleh karenanya kita perlu melakukan percepatan, maka bantulah kabinet ini," ungkap Anjar dalam orasi pertamanya sebagai Presiden KM-ITB.

MWA-WM yang berperan sebagai penyalur aspirasi mahasiswa dalam penentuan kebijakan-kebijakan di ITB ini dipilih melalui musyawarah Kongres KM-ITB. Dalam sambutannya, Briliandaru mengungkapkan, "Kami akan menjadikan KM-ITB lebih ideal, maka bantulah kami dalam mengemban amanah ini." Di akhir pelaksanaan, mahasiswa ITB yang berasal dari masa himpunan mahasiswa jurusan bersama-sama menyanyikan "Hymne KM-ITB" dan "Mentari". Sebagai penutup, Anjar memimpin Salam Ganesha.

Profil Presiden dan MWA-WM Baru


Sebelum menjadi Presiden KM-ITB 2012, Anjar aktif di berbagai organisasi dan sempat menempati posisi strategis. Anggota Dewan Perwakilan Mahasiswa Ikatan Mahasiswa Geodesi (IMG) ITB ini pernah menjabat sebagai Menteri Profesi dan Inovasi pada kabinet KM ITB 2011/2012. Di luar kampus, alumni SMA 1 Depok ini tercatat sebagai peserta Program Pembinaan Sumber Daya Manusia Strategis (PPSDMS) Nurul Fikri dan juga inisiator Ikatan Mahasiswa Geodesi-Geomatika Indonesia (IMGI).

Briliandaru, alumni SMA 1 Jember ini merupakan anggota Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) ITB. Di HME, Briliandaru aktif di berbagai kegiatan diantaranya pernah menjadi ketua divisi logistik kaderisasi, ketua acara internal, dan staf kementerian karakter. Sebelum menjadi PJS MWA-WM ITB Briliandaru menjabat sebagai senator HME ITB. Di Kongres KM-ITB Briliandaru menjabat sebagai Ketua Komisi Pemungutan Suara (KPS). Selain itu, mahasiswa asal Jember ini juga aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa Loedroek ITB ketika tingkat pertama.

Foto lain (dokumentasi Wirawan Agahari):

 


scan for download