Kenali Peluang Kerja di Dunia Perminyakan dalam SPE Integrated Career Days

Oleh Ria Ayu Pramudita

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id -- Society of Petroleum Engineers (SPE) ITB Student Chapter mengadakan SPE Integrated Career Days di Aula Timur ITB pada Rabu hingga Kamis (21-22/03/12). Dalam event tersebut dihadirkan sederet pembicara dari berbagai perusahaan terkait minyak dan gas terkemuka, seperti BP Migas, Schlumberger, Total, Chevron, Pertamina, dan Halliburton. Pembicara-pembicara tersebut berbagi pengalaman dan wawasan seputar karir dalam bidang minyak dan gas kepada para peserta yang antusias. Selain itu terdapat stand-stand yang menyediakan informasi lebih, bahkan lowongan kerja dan beasiswa.

Berbeda dengan event-event job fair biasa yang lebih menekankan pada bursa lapangan kerja, SPE Integrated Days menyajikan banyak sekali sesi company seminar. Dalam seminar-seminar tersebut, didatangkan para narasumber berpengalaman dari perusahaan-perusahaan terkait minyak dan gas ternama, untuk hari pertama saja Deden Supriyatman (Sustainable Development and Social Relation Advisor) dari Total, Dony Indrawan (Communication Manager) dari Chevron, Ahmad Yuniarto (Chairman Schlumberger ING), serta Putra Adhiguna (Field Professional LWD) dan Widi Mahesa (Technical Professional Cementing) dari Halliburton datang untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Dalam sesi-sesi seminar ini, selain dipaparkan profil perusahaan langsung dari orang dalam , juga dijelaskan jalur karir yang dapat ditempuh para mahasiswa setelah lulus sesuai dengan minat masing-masing, berikut tips dan trik mendapatkan pekerjaan. Di sela-sela seminar, tidak jarang para pembicara membawakan tema yang menarik, seperti Ahmad Yuniarto yang membawa tema Perspektif Baru dalam Pengembangan Energi dan Masyarakat.

Hari kedua tidak kalah menarik dengan pembicara Deri Safari (Project Manager Team Leader Transformasi) dari Pertamina, Waras Budi Santosa (Kepala Subdinas Gas Bumi) dari BP Migas, Donya Tasdik (Country Human Resources Manager) dari Halliburton, dan Her Pekik Himawan (Performance Development Coordinator).

Selain menyajikan seminar, SPE Integrated Career Days ini juga menyuguhi pengunjung dengan stand-stand dari perusahaan-perusahaan terkait, seperti Pertamina dan Total. Dalam kesempatan kali ini pun Total membuka kesempatan kerja dan beasiswa bagi mahasiswa.

SPE Integrated Career Days ini merupakan acara puncak dari kepengurusan SPE ITB Student Chapter yang kali ini dipimpin oleh Brian Kristiantoro (Teknik Perminyakan 2008). Harapannya, acara yang diadakan untuk pertama kalinya ini dapat terus berlanjut setiap tahun.


scan for download