ITB Geothermal Workshop: Ajang Edukasi Geotermal di Indonesia

Oleh Muhammad Hanif

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Edukasi dan penelitian menjadi salah satu inti dari ajang ITB Geothermal Workshop 2012 pada Selasa hingga Kamis (06-08/03/12). Dalam lokakarya yang pertama kali digelar di ITB tersebut, technical session dan exhibition menjadi media edukasi bagi para pengunjung yang sebagian besar berasal dari kalangan akademisi dan industri.

Pada technical session yang berlangsung pada Rabu (07/02/12) dipresentasikan paper-paper yang berkaitan dengan eksplorasi, keteknikan, dan topik-topik multi disiplin seputar geotermal. "Diharapkan hal ini akan menjadi motivasi tersendiri untuk para akademisi melakukan riset yang mendukung dunia geothermal," ujar Dr. Eng. Suryantini, Ketua ITB Geothermal Workshop 2012.

Paper-paper yang berkaitan dengan geotermal dipublikasikan dalam acara ini. Terdapat sebanyak 36 paper dipresentasikan dalam technical session, enam melalui media poster, dan empat lainnya sebagai reserve paper.

"Nantinya, paper-paper yang telah terkumpul akan diterbitkan dalam suatu proceeding. Hal ini diharapkan dapat menjadi salah satu sarana untuk mendukung majunya dunia geotermal di Indonesia," tambah Suryantini.

Technical session diisi oleh presentasi paper terpilih yang dikirimkan dari berbagai kalangan seperti dosen, mahasiswa, dan juga perusahaan baik dalam ataupun luar negeri. "Saya sangat mengapresiasi acara ini karena dapat memberikan banyak pengalaman dan wawasan tentang geotermal," ujar Faisal Al Marawi (Teknik Geologi 2008) pengunjung yang juga salah satu presenter.

Jadi Daya Tarik

Pada exhibition yang berjalan paralel dengan panel discussion dan technical session, stand perusahaan-perusahaan yang bergerak di industri geotermal menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Banyak diantara pengunjung yang mengajukan pertanyaan di stand dari seputar teknis eksplorasi geotermal hingga rekrutmen pegawai. Perusahaan geotermal yang mengisi stand tersebut diantaranya Pertamina Geothermal Energy, Chevron Geothermal, dan Star Energy.

"Workshop ini menjadi ajang untuk mempertemukan para akademisi dengan kalangan industri," ungkap Dr. Eng. Suryantini. Selain perusahaan-perusahaan geothermal, exhibition juga diramaikan oleh beberapa laboratorium di ITB yang memamerkan hasil risetnya seperti Laboratorium Geofisika Geotermal, dan lain-lain. Beberapa instansi yang juga mengisi stand dalam acara tersebut diantaranya Badan Geologi, Pusdiklat Geologi dan sponsor.


scan for download