CITA ITB Selenggarakan Seminar dan Pameran Green Building Automation System

Oleh Edo Belva

Editor -

Bandung, itb.ac.id-Pusat Instrumentasi dan Otomasi  (CITA) ITB bekerja sama dengan PT Cipta Samudra Mas mengadakan seminar dan pameran Green Building Automation System. Seminar dan pameran tersebut diselenggarakan di Gedung Campus Center Timur ITB pada hari Senin (27/02/12) kemarin.

Bangunan hijau merupakan bangunan cerdas yang mampu mengelola konsumsi energi dan kenyamanan bagi penghuninya. Pada dewasa ini konsep bangunan hijau mulai diterapkan di berbagai tempat, seperti kantor, rumah sakit dan berbagai fasilitas umum lainnya.

Konsep perencanaan, kontruksi serta pengelolaan bangunan hemat energi ini dapat diwujudkan dengan sistem otomasi bangunan yang terintegrasi. Menurut Megarini Hersaputri, ketua acara ini, "Dengan sistem otomasi yang terintegrasi, bangunan bisa menyesuaikan tingkat cahaya, sistem tata udara, serta utilitas bangunan sesuai dengan aktivitas yang ada di dalamnya,". Hal ini telah terbukti dapat menghemat biaya energi yang signifikan setiap tahunnya.

Pertemukan tiga elemen

Seminar dan pameran Green Builing Automation System ini diselenggarakan untuk mempertemukan tiga elemen. Yaitu konsumen yang ingin mewujudkan bangunan hemat energi. Industri yang menyediakan sistem otomasi bangunan. Serta pendidikan yang menghasilkan sumber daya manusia dengan kompetensi otomasi yang optimal.

Seminar digelar di Auditorium IPTEK ITB dan dihadiri oleh 105 peserta dari berbagai latar belakang.  Seminar kali ini di bagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama membahas mengenai konsumsi energi dari berbagai bangunan di Indonesia. Sesi kedua membahas arsitektur dan skala kebutuhan sistem otomasi bangunan serta sistem otomasi yang diselenggarakan oleh industri. Kemudian dilanjutkan dengan materi pertumbuhan sumber daya manusia dalam sistem otomasi bangunan dan studi kasus mengenai sistem otomasi bangunan di Asia Pasifik pada sesi ke tiga.

Pada pameran menampilkan berbagai produk otomasi bangunan. Selain itu terdapat pula pameran karya serta penelitian dari berbagai institusi. Stand dari Fisika ITB serta salah satu karya mahasiswa ITB, yaitu klungbot turut memeriahkan pameran yang di gelar di basement gedung CC Timur tersebut.

"Saya berharap melalui acara kali ini, kita lebih mengetaui mengenai bangunan hijau serta sistem otomasi bangunan yang saat ini sudah banyak dipakai di luar negeri," ujar Mega.


scan for download