Berita / Utama

SNMPTN 2012 Junjung Kepercayaan dan Kebersamaan

Amelia Rahma Faustina - Kamis, 2 Februari 2012, 21:42:35
BANDUNG, itb.ac.id - Panitia pelaksana Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada tahun ini dipegang oleh ITB. Sosialisasi mengenai sistem penerimaan mahasiswa baru berskala nasional itu dilaksanakan pada Selasa (31/01/12) bertempat di Aula Barat ITB.

Kepala sekolah dan guru-guru dari SMA, SMK, serta MA seluruh Bandung dan sekitarnya diundang untuk mengadiri tata cara pendaftaran dan ujian SNMPTN 2012. Dalam acara tersebut, dibahas juga mengenai kebijakan sistem penerimaan empat Perguruan Tinggi Negeri (PTN), yaitu ITB, Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan UIN Sunan Gunung Jati.

Penjelasan mengenai sistem pelaksanaan SNMPTN 2012 disampaikan oleh Dr. Ir. Mindriany Syafila, M.S., selaku Direktur Pendidikan ITB. Disampaikan Mindri, pada tahun ini, jalur penerimaan yang diterapkan masih sama dengan tahun lalu, yaitu jalur undangan dan ujian tertulis. Menurut PP No. 66/2010 dan Permendiknas No. 34/2012, setiap PTN minimal menerima 60 % mahasiswa baru dari seleksi nasional.

Memupuk Kepercayaan dan Kebersamaan

Tema yang diusung pada tahun ini adalah kepercayaan dan kebersamaan. Hal ini dimaksudkan untuk memberi tanggung jawab kepada sekolah untuk jujur dan bertanggungjawab terhadap keterlibatannya dalam proses seleksi jalur undangan. "Sekolah sebagai satuan pendidikan di Indonesia serta guru tentunya harus menjunjung tinggi karakter pendidikan," ujar Mindriany.

Banyaknya kepala sekolah dan guru yang hadir pada siang itu menunjukkan semangat yang besar untuk mengetahui lebih lanjut mengenai sistem SNMPTN tahun ini. "Penjelasan seperti ini sangat membantu bagi sekolah, apalagi dijelaskan oleh penyelenggaranya (ITB -red) secara langsung," kata Ida, guru SMAN 18 Bandung.

Penerimaan mahasiswa baru diharapkan dapat adil dan tidak diskriminatif, sehingga siswa yang berprestasi dan konsisten dapat layak menjadi calon mahasiswa baru, terlepas dari kondisi ekonominya. Beasiswa Bidik Misi yang pada tahun lalu hanya terintegrasi dengan jalur undangan, pada tahun ini diberlakukan untuk seluruh jalur pelaksanaan SNMPTN.

Untuk jalur undangan yang dilaksanakan lebih dulu dibanding jalur tertulis, pendaftaran mulai dibuka dari 1 Februari hingga 8 Maret 2012. Penjelasan lebih lanjut mengenai pelaksanaan jalur undangan dapat dilihat pada laman resmi, http://undangan.snmptn.ac.id. Sedangkan pertanyaan lebih lanjut mengenai SNMPTN 2012 dapat melalui Twitter @2012snmptn, laman Facebook, dan call center 0804-1450450.