Berita / Institusi

ITB Pertahankan Peringkat Pertama 4icu di Indonesia

Christanto - Senin, 9 Januari 2012, 21:52:47
BANDUNG, itb.ac.id - ITB berhasil bertahan pada peringkat teratas perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi lembaga pemeringkatan 4International Colleges & Universities (4icu). Berdasarkan data terbaru yang dirilis pada Jumat (06/01/12), lembaga 4icu menempatkan ITB pada posisi 138 dunia, 16 Asia, dan pertama di Indonesia.

Sebagian besar posisi teratas diduduki oleh perguruan tinggi dari Amerika Serikat, dengan Massachusetts Institute of Technology (MIT) berada di posisi puncak. Walaupun posisi ITB di dunia mengalami penurunan dibandingkan hasil pemeringkatan rilis sebelumnya, prestasi tersebut merupakan prestasi yang tetap luar biasa, karena masih berada di atas beberapa perguruan tinggi ternama lainnya di luar negeri.

Tentang 4icu

Peringkat yang dicapai ITB ini merupakan prestasi dari total 11 ribu perguruan tinggi yang tersebar di 200 negara. Perguruan tinggi yang masuk dalam database 4icu memenuhi beberapa kriteria yang telah ditetapkan, seperti dikenal, terlisensi, terakreditasi oleh badan nasional atau regional, memiliki lulusan resmi, melakukan kegiatan belajar-mengajar tatap muka, dan memiliki situs internet resmi.

Pemeringkatan versi 4icu dapat dijadikan sebagai cerminan popularitas sebuah perguruan tinggi berdasarkan popularitas website yang dimiliki, dimana internet telah menjadi salah satu sumber utama masyarakat. Pemeringkatan ini dihasilkan oleh sebuah algoritma yang menggunakan tiga web metric yang independen dan tidak memihak, dan disarikan dari tiga mesin pencari berbeda yaitu Google Page Rank, Alexa Traffic Rank, dan Majestic Seo Referring Domains.

Dengan dikeluarkan rilis terbaru ini, ITB telah mampu mempertahankan prestasinya tersebut berturut-turut sejak tahun 2010. Prestasi ini akan menjadi penyemangat untuk mempertahankan ITB sebagai salah satu perguruan tinggi riset terbaik dan untuk mengembangkan website ITB sebagai salah satu sumber akses informasi ITB yang lebih baik.

Untuk informasi lengkap mengenai hasil pemeringkatan, klik disini.