Berita / Utama

Tim ITB-SAT Raih Empat Penghargaan ISCOS 2011

Muhammad Fikri - Rabu, 21 Desember 2011, 20:52:35
BANDUNG, itb.ac.id - Tim ITB-SAT berhasil meraih empat dari total delapan penghargaan yang diberikan pada ajang "Indonesian Students Conference on Satellite" (ISCoS 2011). Acara bergengsi tersebut diadakan di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Surabaya pada Sabtu (17/12/11) lalu.Tim ITB-Sat merupakan tim yang terdiri dari beberapa mahasiswa dan dosen pembimbing dari berbagai disiplin ilmu yang berkecimpung dalam hal desain hingga manufaktur satelit mahasiswa pertama ITB. Latar belakang dibentuknya tim tersebut ialah saat ini sedang berjalan kolaborasi pengembangan satelit di kalangan perguruan tinggi di Indonesia.

Perguruan tinggi yang terlibat adalah ITB, UGM, ITS, UI, IT Telkom dan PENS, dengan didukung oleh LAPAN dan Dikti dalam hal pendanaannya. Kerjasama ini diwadahi dalam project bernama INSPIRE dengan satelit yang akan dinamakan "Indonesian inter University Satellite" (IiNUSAT). Sehingga setelah satelit Iinusat berhasil diluncurkan diharapkan masing-masing perguruan tinggi telah mampu secara mandiri melakukan rancang bangun dan pengoperasi satelit.

Perwakilan tim yaitu Amrullah Abdul Qadir, Hagorly Mohamad, dan Satriya Utama dari Program Studi Aeronotika dan Astronotika, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD ITB) dan Bagus Adiwiluhung Riwanto, Ichsan Mulia Permata, dan Syarif Rousyan Fikri dari Program Studi Teknik Elektro, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI ITB) telah mengikuti acara "Indonesian Students Conference on Satellite" (ISCoS 2011) di ITS, Surabaya dan berhasil mendapatkan empat penghargaan dari total delapan penghargaan yang diberikan. Dua penghargaan tersebut yaitu "Best Presentation" diraih oleh Bagus Adiwiluhung Riwanto dan Ichsan Mulia Permata, sedangkan dua penghargaan lainnya yaitu "Best Paper" diraih oleh Amrullah Abdul Qadir dan Hagorly Mohamad.

Acara ISCoS 2011 tersebut bertujuan untuk sharing ilmu dan pengalaman dengan cara mengirim paper dan kemudian mempresentasikannya. Jumlah paper yang dipresentasikan yaitu sebanyak 44 paper yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia.

Diharapkan dengan diperolehnya penghargaan tersebut dapat menjadi pemicu semangat untuk terus berkarya khususnya mengenai perancangan, hingga pengoperasian satelit di Indonesia.