Pameran Green Chemistry, Stimulus Ide Inovatif Mahasiswa

By Ramasha Shella Gustia

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Pameran bertema Green Chemistry kembali diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Kimia AMISCA ITB. Bertempat di Galeri Campus Center Timur ITB, pameran yang diadakan Jumat (25/11/2011) ini merupakan bagian dari rangkaian acara Chemistry for Nation. Banyak karya mahasiswa yang dipamerkan pada acara yang memang dirancang untuk menjadi stimulus ide inovatif mahasiswa ini.

"Tujuan pameran ini adalah untuk menunjukkan berbagai karya dan hasil penelitian mahasiswa-mahasiwa ITB, menjadi stimulus untuk eksplorasi karya-karya mahasiswa, serta memperkenalkan konsep Green Energy kepada masyarakat luas secara lebih aplikatif. Kami juga mengundang himpunan-himpunan lain dan PT Pertamina (Persero) untuk berpartisipasi dalam pameran ini," ungkap Paramita Ardhana Neswari (Kimia 2008), ketua Pameran Green Chemistry.

Pameran ini terbuka bagi semua kalangan dan tidak dipungut biaya. Pengunjung dapat melihat hasil karya tugas akhir dan skripsi mahasiswa yang bertemakan Green Chemistry, seperti poster-poster mengenai sumber energi alternatif yang ramah lingkungan, demonstrasi pembuatan kertas maupun plastik daur ulang, proyek-proyek pemanfaatan limbah rumah tangga, dan berbagai prototipe mesin pengolahan air maupun polusi. Semua karya-karya yang ditampilkan pada pameran ini murni hasil karya mahasiswa.

"Luar biasa sekali. Pameran ini membuka wawasan kita akan energi-energi alternatif ramah lingkungan yang sebenarnya tersedia, namun belum kita manfaatkan secara optimal. Kegiatan semacam ini sebaiknya sering diadakan, karena memberi kita ide-ide baru dalam mengembangkan sumber energi alternatif," komentar Sun Theo Constan, mahasiswa program Magister Kimia ITB.

Pada pameran ini ditampilkan pula prototipe Green Powerplant hasil karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November. Ide dari Green Powerplant ini berhasil menjuarai lomba Ide dan Inovasi, salah satu bagian dari rangkaian acara Green Synergy for Better Future. Bagian Research and Development dari PT Pertamina (Persero) juga diundang untuk memamerkan riset-riset penyediaan energi alternatif ramah lingkungan yang tengah dikembangkan.

"Dengan diadakannya pameran ini, kami berharap pengetahuan masyarakat luas menjadi lebih terbuka, dan masyarakat menjadi lebih peduli lingkungan. Mudah-mudahan pameran ini juga dapat menjadi pemicu agar masyarakat dapat memperoleh suatu ide yang inovatif untuk membuat karyanya sendiri," tutup Paramita.

Chemistry for Nation sendiri merupakan acara tahunan AMISCA. Tema Green Synergy for Better Future dipilih untuk menanggapi isu efek rumah kaca yang semakin berkembang. Sebagai bagian dari civitas ITB, AMISCA ingin menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan. Selain pameran Green Chemistry, terdapat pula beberapa rangkaian acara lainnya seperti seminar, talk show, lomba Ide dan Inovasi tingkat nasional bagi mahasiswa, serta lomba cerdas tangkas Kimia tingkat SMA. (divie)