Berita / Utama

BL Fest: Kolaborasi Sinergis Empat Himpunan Barat Laut

Ramasha Shella Gustia - Senin, 28 November 2011, 20:39:39
BANDUNG, itb.ac.id - Barat Laut Festival (BL Fest) kembali digelar untuk kedua kalinya oleh keempat himpunan di zona barat laut yaitu Mahasiswa Teknik Industri (MTI), Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA), Himpunan Mahasiswa Astronomi (HIMASTRON), dan Keluarga Mahasiswa Sekolah Bisnis dan Manajemen (KMSBM). Bertempat di Gedung Serba Guna (GSG), acara yang diadakan pada Sabtu (19/11/2011) ini mengusung tema "Kolaborasi dalam Satu Barat Laut".Acara dibuka dengan pertandingan persahabatan antar himpunan. Terdapat berbagai jenis olahraga yang dilombakan seperti bulu tangkis, tenis meja, futsal, hingga tarik tambang. Meskipun pertandingan diadakan antar himpunan, tidak satupun massa terlihat mengenakan jaket himpunan. Sebagian besar massa dari keempat himpunan saling membaur dengan mengenakan kaos BL Fest. Pada BL Fest kali ini, terdapat pula berbagai stand jajanan menarik yang memenuhi parkiran GSG.

Sebelumnya, BL Fest telah menyelenggarakan donor darah pada Senin (14/11/2011) di Selasar Labtek V. Para panitia berkoordinasi dan bekerja sama pula dengan Palang Merah Indonesia region Bandung. Donor darah ini merupakan pre-event BL Fest sebelum acara utama yang digelar lime hari kemudian. Acara donor darah ini mendapat sambutan yang hangat dari para mahasiswa yang ditunjukkan oleh antrian pendonor yang cukup panjang.

Puncak dari BL Fest adalah acara persembahan himpunan yang diadakan di sore hari. Masing-masing himpunan mempersembahkan penampilan-penampilan terbaik mereka. Keempat ketua himpunan dari masing-masing himpunan zona barat laut pun turut serta meramaikan pertunjukkan acara puncak BL Fest yang berlangsung hingga petang.

"BL Fest merupakan satu-satunya acara pemersatu himpunan zona barat laut. Saya berharap BL Fest dapat diadakan tiap tahun dengan pergiliran ketua dari tiap himpunan. Dengan diadakannya BL Fest, mudah-mudahan kolaborasi yang diinginkan dapat tercapai, dan kami dapat bekerja sama dengan lebih baik lagi pada masa mendatang," ujar Handy Aulia Fathony (Manajemen Rekayasa Industri 2009) selaku ketua pelaksana acara.

Tonjolkan Sisi Kebaratlautan ITB

Menurut Handy, tujuan utama acara ini ada dua. Selain untuk menyatukan dan meningkatkan keakraban serta kerja sama antar himpunan di zona barat laut, BL Fest juga betujuan untuk menonjolkan icon-icon yang ada di barat laut. Untuk menunjukkan sisi kebaratlautan acara ini, panitia menyediakan kupon bernilai total ratusan ribu rupiah bagi para pemenang doorprize. Kupon-kupon ini dapat dibelanjakan di Tokema ITB. Hal ini merupakan salah satu cara yang ditempuh panitia untuk menonjolkan sisi kebaratlautan ITB karena salah satu ciri khas daerah barat laut ITB adalah Tokema ITB. Bahkan semula direncanakan pula pemberian kupon untuk dibelanjakan di Kantin Barat Laut, salah satu kantin di zona barat laut yang selalu ramai dan diminati para mahasiswa.

"Ide kolaborasi antar empat himpunan barat laut ITB merupakan ide yang menarik. Andai publikasinya lebih besar, pasti acara ini akan lebih seru dan lebih meriah," komentar Sitti Attari (Astronomi 2010), salah satu peserta BL Fest. (divie)