Lagi, Mahasiswa ITB Bangun Rumah Belajar Gratis

By Nofri Andis

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Untuk mendukung semangat belajar anak-anak yang kurang mampu, Mahasiswa ITB yang tergabung dalam Paguyuban Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE) membangun rumah belajar gratis di Balubur, Bandung. Sejak sepekan ini, rumah belajar bernama Rumah Ganesha tersebut telah aktif sebagai tempat belajar anak-anak setempat.

"Di sekitar balubur banyak keluarga golongan ekonomi menengah ke bawah. Rumah Ganesha hadir untuk membantu mengajar anak-anak di sana secara gratis sekaligus memotivasi mereka agar terus giat menggali ilmu pengetahuan," kata Ketua Paguyuban KSE ITB Riko Maiyudi.

Tenaga pengajar Rumah Ganesha adalah mahasiswa ITB yang menerima beasiswa KSE. Setiap hari, sedikitnya tiga mahasiswa berkunjung ke Rumah Ganesha untuk berbagi pengetahuan dengan anak-anak atau membantu mereka mengerjakan pekerjaan rumah.

"Dengan melakukan kegiatan ini, semoga bisa menumbuhkan rasa keprihatinan dan kepedulian sosial bagi penerima beasiswa KSE ITB agar lebih menyukuri nikmat yang diberikan Tuhan YME," kata Riko.

Sebuah rumah sederhana disewa seharga satu juta perbulan selama setahun. Rumah tersebut lah yang difungsikan sebagai Rumah Ganesha. Untuk membiayainya, semua anggota KSE-ITB mengumpulkan uang Rp 50.000 perorang.

"Kami juga mengajukan proposal ke donatur agar Rumah Ganesha bisa tetap hidup," kata Riko.

Meskipun belum ada sarana penunjang seperti meja dan kursi belajar, anak-anak setempat tetap semangat belajar di Rumah Ganesha. Setiap hari sedikitnya lima orang anak belajar di sana.

"Karena sumber daya masih terbatas saat ini, Rumah Ganesha hanya mengajar anak Sekolah Dasar. Warga sebenarnya ada yang meminta bimbingan belajar untuk SMA," jelas Riko.

Irsyad Akmala Mukhtar, salah seorang penerima beasiswa KSE mengaku senang menjalankan tugasnya di Rumah Ganesha. "Saya senang bisa berbagi ilmu dan memberi motivasi kepada anak-anak di sini. Kebetulan juga, saya punya waktu kosong," kata mahasiswa Matematika ITB ini.

Kehadiran Rumah Ganesha ini disambut baik oleh warga Balubur. Para orang tua segera mendaftarkan anak mereka begitu Rumah Ganesha disosialisasikan kepada warga sepekan lalu.

Rumah Ganesha merupakan satu dari beberapa rumah belajar gratis yang dihidupkan oleh mahasiswa ITB. Sebelumnya, Keluarga Mahasiswa (KM) ITB mendirikan rumah belajar gratis di daerah Sangkuriang, Coblong. Beberapa himpunan mahasiswa juga memiliki rumah belajar gratis sebagai bentuk pengabdian mereka kepada masyarakat.

Baca juga:  Bersyukur, Mengabdi, dan Memberi Inspirasi