Berita / Utama

ITB Raih Ragam Prestasi dalam Ajang Gemastik IV 2011

Hastri Royyani - Senin, 14 November 2011, 19:03:11
SURABAYA, itb.ac.id - Suasana bahagia meliputi kontingen ITB saat pengumuman final Gemastik IV 2011. ITB berhasil meraih dua emas, dua perak, dan tiga perunggu pada kejuaraan ini. ITB mengirimkan 48 mahasiswa yang tergabung dalam 17 tim di berbagai kategori. 

Tim Dongskar Pedongi yang mengikuti kompetisi dengan kategori pemrograman berhasil meraih medali emas. Beranggotakan tiga mahasiswa Informatika dari tiga angkatan yang berbeda yaitu Gregorius Ronny Kaluge (2008), Irvan Jahja (2009), dan Christianto Handojo (2010), Dongskar Pedongi berhasil menjawab semua kasus yang diberikan oleh panitia dengan sempurna.

Tim kedua yang menjadi juara pertama yaitu tim DnS yang beranggotakan tiga mahasiswa Informatika angkatan 2009, yakni  Samuel, Akhiles Leonardus Danny Sindra, dan Nuansa Lembayung. Tim ini mengikuti kategori permainan bisnis yang merupakan kategori baru dalam ajang Gemastik.

Pada kategori ini peserta harus memperhatikan strategi dalam berbisnis. Tim dituntut untuk  memproduksi barang yang dipesan oleh pelanggan dengan memperhatikan komponen pembentuknya. ITB juga mendapatkan medali perunggu pada kategori yang sama oleh Tim Garudayasha yang beranggotakan  tiga mahasiswa angkatan 2008, Lyco Adhy Purwoko, Eric Cahya Lesmana, dan Gagarin Adhitama.

Untuk kategori keamanan jaringan, Tim Hexley ITB meraih medali perak. Tim yang terdiri dari ketiga mahasiswa Teknik Telekomunikasi ITB tersebut berhasil bersaing dengan 256 tim lain pada kategori yang sama. "Kami cukup puas dengan hasil yang kami dapat, tetapi kami lebih puas jika bisa menjadi juara pertama," ungkap Chandra sembari tertawa kecil.  

Pada kategori yang berbeda ITB juga berhasil meraih medali perak. Tim Mendoan dengan beranggotakan tiga mahasiswa Elektro angkatan 2009 yaitu Gharta Hadisa Halim, Raihan Budiwaskito, dan Muhammad Ridhwan Ramdani. Pada kategori pengembangan permainan, tim ini berhasil membuat sebuah game yang mendidik yakni game simulasi untuk belajar mengemudikan mobil secara tiga dimensi.

ITB meraih medali perunggu melalui Tim Aid GCD yang terdiri dari Mukhammad Ifanto, Nur Adi Susliawan D C, dan Danang Tri Massandy. Ketiga mahasiswa informatika tersebut berhasil menempati  posisi ketiga pada kategori penggalian data (data mining).

Medali perunggu kedua diraih ITB pada kategori karya tulis. Yudha Wastu Prawira berhasil membuat sebuah karya tulis mengenai bagaimana mengembangkan TIK di Indonesia. Mahasiswa Informatika ini mempresentasikan karyanya pada babak final dengan apik di hadapan para juri. Seluruh rangkaian final Gemastik 2011 berlangsung pada Selasa-Kamis (11-13/10/11) bertempat di Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.

Harapan ITB Juara Umum Gemastik 2012 

Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) Tahun 2012 yang akan datang diselenggakan di ITB. "ITB harus juara umum Gemastik V 2012," tutur Jason anggota Tim Hexley dengan semangat yang meletup.

"Semangat untuk mengikuti kompetisi Gemastik V 2012 juga harus lebih ditingkatkan lagi," papar Chandra. Sebaiknya jangan hanya Prodi Informatika saja yang memiliki semangat besar untuk memenangi kompetisi Gemastik, tetapi prodi lain juga berpartisipasi, harap Chandra. Keberhasilan dari mahasiswa ITB meraih prestasi diharapkan dapat memicu semangat mahasiswa ITB yang lain untuk turut berprestasi dalam ajang nasional maupun internasional.

Sumber: STEI ITB dengan perubahan