Planning by Children: Murid SD Belajar Rencanakan Kota dan Jadi Warga Kota yang Baik

Oleh Shinta Michiko Puteri

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Himpunan Mahasiswa Teknik Planologi (HMP) Pangripta Loka ITB kembali mengadakan kegiatan sosial untuk masyarakat Kota Bandung, khususnya masyarakat yang berusia dini. Tahapan awal dari kegiatan sosial yang bernama Planning By Children ini diadakan pada Sabtu (05/11/11) di SD Pardomuan Kota Bandung.

Kegiatan yang melibatkan siswa dan siswi kelas V SD Pardomuan Kota Bandung ini bertujuan untuk mengenalkan keilmuan planologi kepada anak-anak sedini mungkin serta mengumpulkan aspirasi mereka mengenai kota di masa depan. Dalam kesempatan ini, siswa dan siswi juga diberi pengetahuan untuk menjadi warga kota yang baik.

Secara keseluruhan, Planning by Children ini terdiri dari dua bentuk acara, yaitu pemberian materi di dalam dan luar kelas. Selain pemberian materi, siswa dan siswi juga diberi waktu untuk menggambar kota impian mereka dan menceritakannya kepada siswa lain dan fasilitator. Gambar tersebut pada nantinya direncanakan untuk menjadi salah satu konten dalam buku yang akan diterbitkan yang akan menjadi inputan bagi pemerintah untuk lebih memperhatikan perspektif anak-anak dalam membuat suatu rencana tata ruang.

Pengetahuan ilmu keplanologian yang diberikan adalah seputar deskripsi kota yang baik dan berkelanjutan dan cara untuk mewujudkan kota tersebut.  "Pada akhirnya, siswa dan siswi akan dapat membedakan kota dan desa dari segi aktivitas masyarakat, ekonomi, dan infrastrukturnya; membandingkan kota yang baik dan yang buruk; serta mendapatkan gambaran akan kota-kota terbaik di dunia," tutur Adila Isfandiary (Perencanaan Wilayah dan Kota 2008) selaku Ketua Pelaksana Planning by Children dalam menjelaskan materi yang disampaikan pada siswa dan siswi.

"Saya senang sekali ITB bisa mengadakan acara seperti ini. Anak-anak terlihat sangat antusias dan semangat karena ini pengalaman pertama mereka untuk belajar di luar kelas. Materinya ringan, menyentuh masyarakat secara langsung, dan dapat menambah wawasan karena materi seperti ini tidak diberikan di kelas. Saya berharap acara-acara seperti ini diadakan kembali," ujar Florentina Suwarni selaku Kepala Sekolah SD Pardomuan Kota Bandung pada akhir acara.


scan for download