Berita / Utama

GMUN Club Persiapkan Delegasi ITB untuk Ajang Internasional

Fathir Ramadhan - Minggu, 30 Oktober 2011, 12:52:41
BANDUNG, itb.ac.id - Model United Nations (MUN) adalah simulasi konferensi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Pada tahun-tahun terakhir ini, semakin banyak delegasi ITB yang mengikuti ajang ini. Untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing kualitas delegasi ITB, perlu diadakan seleksi delegasi, persiapan, latihan gabungan, serta publikasi yang rutin dan sistematis. Kegiatan-kegiatan ini diatur dan dipelopori oleh unit Ganesha MUN (GMUN) Club.Sidang Model United Nations dihadiri oleh negara-negara dan membahas masalah-masalah internasional. Di forum ini, peserta mewakili sebuah negara, dan akan mengikuti konferensi berdasarkan perspektif negara yang diwakilinya.

Terdapat banyak sekali ajang MUN setiap tahunnya. Pada tahun 2011, ITB telah mengirimkan perwakilan untuk Harvard National MUN, Harvard World MUN, Hong Kong MUN, The European International MUN, Jakarta MUN, serta Indonesia MUN.

Persiapkan ITB di Kancah Internasional

GMUN Club menyelenggarakan seleksi untuk memilih delegasi ITB pada ajang MUN. Perwakilan terpilih berhak mencari dana sponsor dengan mengatasnamakan ITB, dan berhak memasang media publikasi di area kampus.

Untuk menjadi perwakilan terpilih, calon peserta harus mengikuti seleksi yang mekanismenya ditetapkan oleh GMUN Club. Mereka harus mengungguli calon peserta lain yang juga berminat untuk mengikuti ajang MUN. Seleksi yang sportif, kompetitif, dan transparan menjamin agar delegasi yang mewakili ITB benar-benar merupakan perwakilan terbaik.

Seleksi juga dilakukan untuk menjaring orang-orang yang berkomitmen terhadap rangkaian latihan yang dipersiapkan oleh pengurus GMUN Club. Sehingga individu yang mewakili ITB di kancah internasional benar-benar berkompeten dan dapat bersaing dengan delegasi dari perguruan tinggi dan negara lain.

Mahasiswa ITB dapat mengikuti ajang MUN tanpa mengikuti seleksi yang ditetapkan oleh GMUN Club. Hanya saja, mahasiswa tersebut tidak dapat mencari sponsor dengan mengatasnamakan ITB dan tidak dapat memasang media publikasi di area kampus.

GMUN Club Saat Ini

Meskipun belum diresmikan secara sah, GMUN Club telah diakui secara fungsional oleh Lembaga Kemahasiswaan (LK) ITB. Saat ini, pengurus inti GMUN Club tengah merumuskan visi-misi dasar dan kepengurusan internal. Pada saat bersamaan, unit ini juga melatih 17 orang delegasi resmi ITB untuk Harvard National MUN (HNMUN) 2012 nanti.

GMUN Club telah berhasil menorehkan prestasi membanggakan pada ajang MUN baru-baru ini. Imam Prabowo (Teknik Informatika 2007) meraih Best Position Paper di Jakarta MUN, pada Juni - Juli 2011 lalu. Puteri Myrasandri (Teknik Lingkungan 2008) menyabet penghargaan Honorable Mention di Indonesia MUN pada awal Oktober 2011 lalu.

GMUN Club berkomitmen untuk mengharumkan nama ITB di ajang internasional, dengan meningkatkan kualitas persiapan dan pelatihan bagi delegasi. Unit muda ini juga berkomitmen untuk menyelenggarakan seminar terbuka dan forum kajian bagi mahasiswa ITB lainnya, untuk berbagi ilmu yang diperoleh saat mengikuti berbagai ajang MUN, seperti ilmu komunikasi, negosiasi, dan diplomasi.


Oleh Diviezetha Astrella