Seminar Bike Design and Community: Sepeda untuk Membangun Komunitas

Oleh Shinta Michiko Puteri

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Industrial Design Student Society (INDDES) ITB, Kelompok Keahlian Desain Produk Industri Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) ITB, dan PT Insera Sena (Polygon) dalam rangka "The 2nd International Bike Design Competition 2012" menyelenggarakan seminar dengan tema "Bike Design and Community". Seminar ini diselenggarakan di Auditorium Campus Center Timur ITB, pada Senin (24/10/11), dengan menghadirkan Dr Dudy Wiyancoko (Dosen Desain Produk ITB),  Prof. Bando Takaaki (Dosen Tamu Mushashino Art University, Jepang), Zendy Renan (Chief Designer, Polygon), Peter Mulyadi (Marketing, Polygon), serta Rian Satya (Pemenang Lomba Desain Sepeda Polygon 2010).

Kini sepeda tidak lagi hanya menjadi alat transportasi, tetapi sudah menjadi produk dari gaya hidup masyarakat. Melalui bentuk dan fungsi sepeda yang unik, desain sepeda memang pada akhirnya memiliki fungsi yang lebih, yaitu untuk membangun komunitas, contohnya sepeda onthel, fixie, seli, dan lainnya. Hal itulah yang melatar belakangi diadakannya seminar ini dengan tema "Bike Design and Community".

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan lebih mengenai desain sepeda yang baik dan inovatif, menanamkan pemikiran-pemikiran berolahraga dan berkendara dengan sepeda guna pengurangan polusi dan menjadikan ajang silaturahmi antar mahasiswa di Bandung.

Secara keseluruhan, seminar ini membahas mengenai desain sepeda dan komunitas, cara mendesain sepeda, peluang-peluang inovasi desain produk sepeda, dan kaitannya dalam perkembangan gaya hidup komunitas sepeda di Indonesia. Selain itu, Rian juga berbagi mengenai kita-kita menjuarai kompetisi desain sepeda.

"Seminar ini merupakan salah satu rangkaian dari program "Join Product Development: Indonesia Bike Design 2011" yang bermaksud untuk mengembangkan prototype produk bernama "Sepeda Indonesia 2011", yaitu sepeda sebagai sarana transportasi gaya hidup komunitas perkotaan Indonesia," ujar Dudy.


scan for download