Astro Kids, Pengenalan Astronomi Sejak Dini

Oleh Amelia Rahma Faustina

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Semangat untuk melebarkan sayap pengetahuan Astronomi kepada anak-anak SD dan TK tergambar dalam acara Astro Kids yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Astronomi (HIMASTRON) ITB. Acara ini telah berlangsung pada Kamis-Minggu (20-23/10/11) di Campus Center (CC) Timur dan Lapangan CC Timur ITB. Setiap harinya, Astro Kids diisi dengan acara-acara yang dibuat menarik untuk pengunjung, yaitu planetarium mini, pemutaran video astronomi serta ceramah ringan, dan permainan Ular Tangga Astronomi.
Pengunjung yang datang setiap harinya berasal dari TK dan SD sekitar Bandung. Pada hari pertama dan kedua saja acara ini sudah dikunjungi oleh sekitar 280 anak, sedangkan pada penghujung acara Astro Kids dihadiri panti asuhan yang menjadi tamu undangan.

Anak-anak terlihat antusias dan senang ketika dipandu oleh panitia untuk mengikuti rangkaian acara tersebut. Mereka bertanya saat permainan ular tangga, antusias melihat benda-benda langit di video, dan berebut saat masuk ke planetarium mini.

Peduli Astronomi

Dalam rangkaian acara World Space Week 2011, Himastron memperlebar transfer pendidikan astronomi ke masyarakat luas. "Momen ini dimanfaatkan untuk mengenalkan astronomi sejak dini pada anak-anak agar sudah mulai aware terhadap astronomi. Kami mengemas acara dengan menarik dan fun berupa games agar anak-anak suka namun poinnya tetap sampai," tutur Zainudin M.A (Astronomi 2009), selaku ketua pelaksana.

 "Walaupun anak saya masih berumur 2 tahun, tetapi karena Ayahnya dari bidang astronomi jadi kami diajak datang ke acara. Meskipun masih sedikit pembelajaran yang diperoleh anak saya, tetapi setidaknya ini bisa menstimulus dia agar sejak kecil sudah mengenal benda-benda astronomi dan lebih peduli terhadap istilah-istilah astronomi," ujar Lala, salah satu pengunjung Astro Kids.

[Oleh: Mufidhlatul Qira'at]

scan for download