ICREM5: Hadirkan Peraih Fields Medal 2010

Oleh Fathir Ramadhan

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) ITB menjadi tuan rumah bagi The 5th International Conference on Research and Education in Mathematics (ICREM5). Perhelatan internasional ini diselenggarakan di Aula Barat dan Aula Timur ITB, Sabtu-Senin (22-24/10/11). "Adalah kehormatan bagi ITB karena ini adalah pertama kali ICREM diadakan di Indonesia," ungkap Prof. Edy Tri Baskoro, Ketua Komite Eksekutif pelaksanaan ICREM5.

ICREM merupakan ajang bagi para ahli matematika untuk berbagi mengenai perkembangan terbaru keilmuan matematika. Pada ICREM5, terdapat tujuh belas pembicara undangan yang memaparkan penelitiannya kepada para peserta.

Para pembicara hadir dari berbagai belahan dunia: Malaysia, Turki, Vietnam, Romania, Australia, Jerman, Jepang, hingga Amerika Serikat, termasuk Wono Setya Budhi, Udjianna S. Pasaribu, dan Sri R. Pudjaprasetya dari ITB.

Hadirkan Cédric Vilani

Keynote speech ICREM5 dibawakan oleh Prof. Cédric Vilani, peraih Fields Medal 2010. Fields Medal dipandang sebagai penghargaan tertinggi di bidang matematika, sejajar dengan penghargaan nobel untuk bidang fisika, kimia, kedokteran, ekonomi, kesusastraan, dan perdamaian.

Pada Minggu (23/10/11) di Aula Barat ITB, Vilani membawakan orasi ilmiah berjudul "Optimal Transport, from Economics to Physics to Geometry to Economics". Orasi tersebut memaparkan hubungan transpor optimal dalam matematika, dipadu ilmu geometri, fisika, hingga ekonomi.

Penghargaan Ganesha Widyajasa Adiutama

Seusai pemaparannya, Vilani dianugerahi penghargaan Ganesha Widyajasa Adiutama oleh Rektor ITB, Prof. Dr. Akhmaloka. Penghargaan Ganesha Widyajasa Adiutama diberikan kepada tokoh yang aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, baik nasional maupun internasional.

Sebelumnya, penghargaan ini dianugerahkan ITB kepada Robert Huber, peraih Anugerah Nobel di bidang kimia, pada kunjungannya Agustus lalu. "Ini adalah salah satu penghargaan tertinggi kami. Prof. Cédric Vilani adalah orang yang sangat berjasa di bidang matematika. ITB ingin memberikan apresiasi kepada beliau melalui penghargaan ini," ujar Prof. Dr. Ir. Hasanuddin Z. Abidin, M.Sc., Wakil Rektor Bidang Komunikasi, Kemitraan, dan Alumni, saat menjelaskan kepada audiens mengenai penghargaan tersebut.

"Penghargaan ini sangat berarti bagi saya. Ini sangat menyentuh," ungkap Vilani.


Oleh Tubagus Andhika Nugraha

 

 

 


scan for download