Berita / Utama

Bali Expo 2011 : Memperkenalkan Seniman Bali

Vernida Mufidah - Kamis, 20 Oktober 2011, 22:21:26
BANDUNG, itb.ac.id - Sebuah pameran yang menampilkan karya seni dari seniman-seniman Bali dilaksanakan di Institut Teknologi Bandung pada Senin hingga Rabu (17-19/10/11) di Campus Center (CC) Timur ITB. Pameran ini bertujuan untuk mengangkat seniman yang cinta akan Bali yang berada di luar Bali. Pameran ini diselenggarakan oleh Maha Gotra Ganesha (MGG) sebagai salah satu unit kegiatan mahasiswa yang berasal dari Bali.

Menurut Agus Nyoman Astika (Matematika '08) sebagai Ketua Pelaksana Bali Expo pada awalnya pameran ini memiliki tujuan untuk memperkenalkan seniman tua Bali kepada masyarakat luas namun seiring berjalannya waktu semua seniman baik yang tua maupun muda ikut dalam pameran ini. Terdapat 15 seniman yang mengikuti acara ini dengan menampilkan karya seni berupa 37 lukisan, enam foto dan tiga papertoys. Semua karya seni itu bertemakan Bali baik dari segi budaya maupun segi sosial.

Salah satu karya lukis yang menarik adalah "Nan jauh di sana, Aku di sini" karya Unduy Martha. Lukisan ini bercerita tentang pesona pulau Bali yang selalu didatangi oleh seniman-seniman di dunia. Bali memiliki banyak objek yang menarik misalnya upacara adat/agama, model-model pose penari, aktivitas kehidupan di Bali. Selain itu aspek alam Bali yang eksotis juga terlihat dari lukisan ini.

Selain mengadakan pameran, karya seni yang diperlihatkan pun dijual untuk para pecinta barang seni. Agus menambahkan bahwa target pembelinya adalah dosen.

 

"Harapan saya untuk ke depannya agar acara seperti ini dapat diselenggarakan lagi dan orang-orang dapat mengenal Bali itu seperti apa lewat karya seni yang dipamerkan ini." tutup Agus dalam wawancara di sela kesibukannya di Bali Expo.