Profesor Widjajono Partowidagdo Jadi Calon Wakil Menteri ESDM

Oleh Nofri Andis

Editor -

JAKARTA, itb.ac.id - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menunjuk Guru Besar Fakultas Teknik ITB Widjajono Partowidagdo sebagai calon wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Hal ini disampaikan Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha kepada para wartawan di Istana Negara, Jakarta, Minggu (16/10/2011).

Seperti yang ditulis kompas.com, secara terpisah, Widagdo, anggota Dewan Energi Nasional, mengatakan, Presiden memintanya untuk meningkatkan produksi minyak, gas, dan mineral. Beliau juga diminta membereskan masalah listrik dan pertambangan.

Selebihnya, Widagdo enggan menjabarkan arahan Presiden. Widagdo berjanji akan memberikan penjelasan setelah pelantikan pada 19 Oktober 2011 di Istana Negara.

Prof. Widjajono Partowidagdo, Ph.D adalah Guru Besar dalam bidang Ekonomi dan Pengelolaan Lapangan Migas pada Fakultas Teknologi Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) ITB. Beliau merupakan dosen Manajemen dan Analisis Ekonomi Proyek Migas dan Pengelolaan Energi, Sumber Daya Mineral, dan Lingkungan pada Program Studi Teknik Perminyakan ITB.

Pria kelahiran Magelang, 16 September 1951 ini meraih gelar sarjana teknik dari Program Studi Teknik Perminyakan ITB pada 1975. Kemudian ia memperoleh gelar Master of Science (M.Sc) dalam bidang Petroleum Engineering (1980), dilanjutkan M.Sc dalam bidang Operation Research (1982), dan MA dalam bidang Economics (1986) dengan judul tesis "An Energy Economy Model for Indonesia" dari University of Southern California (USC). Gelar Ph.D ia dapatkan dari universitas yang sama pada 1987 setelah merampungkan desertasi berjudul "An Oil and Gas Supply and Economic Model for Indonesia".

Selama berkarir di ITB, beliau pernah menjabat sebagai Ketua Program Pasca Sarjana Studi Pembangunan ITB (1993-2004), Ketua Kelompok Keahlian Pemboran, Produksi dan Manajemen Migas Fakultas Ilmu Kebumian dan Teknologi Mineral (kini dipecah menjadi FTTM dan FITB) (2005-2007), dan Sekretaris Komisi Permasalahan Bangsa, Majelis Guru Besar Institut Teknologi Bandung (2006-sekarang).

Sumber kompas.com dengan perubahan.
Lebih lengkap mengenai Prof. Widjajono Partowidagdo di sini dan di sini.


scan for download