Female Futsalista, Pertama Kali Gelar Turnamen Eksternal

Fathir Ramadhan | Minggu, 16 Oktober 2011, 10:00:36 | Lihat foto berita ini
BANDUNG, itb.ac.id - ITB merupakan institusi yang menjunjung tinggi pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Meskipun begitu, ITB selalu siap memfasilitasi kegiatan nonakademik mahasiswanya. Salah satu kegiatan nonakademik yang didukung oleh ITB adalah olahraga sepakbola. Saat ini, sedang berlangsung pesta sepakbola putri se-ITB Female Futsalista (FF) 2011. Unit Persatuan Sepakbola (PS) ITB bertindak sebagai panitia penyelenggara. Selain itu, PS ITB menggelar FF 2011 secara eksternal untuk pertama kalinya pada awal Oktober lalu.Female Futsalista adalah turnamen sepakbola tahunan internal ITB garapan PS ITB. Bertanding pada kejuaraan ini ialah tim sepakbola antarhimpunan (himpunan mahasiswa jurusan di ITB - red). FF 2011 internal sudah berlangsung sejak Sabtu (08/10/11). Babak penyisihan telah diselenggarakan dan menyisakan IMA-G (Arsitektur), HME (Teknik Elektro), Himatika (Matematika), Amisca (Kimia), HMIF (Teknik Informatika), HMT (Teknik Pertambangan), Nymphaea (Biologi), dan MTI (Teknik Industri). Kedelapan tim bertanding di perempat final pada Sabtu (15/10/11).


Kali Pertama Gelar Kategori Eksternal

FF 2011 terdiri atas kategori internal dan eksternal. Kategori internal mempertandingkan tim sepakbola antarhimpunan jurusan di ITB. Sedangkan kategori eksternal mempertandingkan tim sepakbola antarperguruan tinggi. Tahun ini adalah kali pertama Female Futsalista diselenggarakan secara eksternal. Pada tahun-tahun sebelumnya, aktivitas ini diselenggarakan hanya di internal ITB.

FF 2011 kategori eksternal berlangsung pada Jumat (30/09/11) hingga Minggu (02/10/11) di Gedung Serba Guna (GSG) ITB. Turut meramaikan perhelatan nasional ini ialah tim sepakbola putri Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI), Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI), Bina Nusantara, Universitas Padjadjaran, Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FK Unpad), Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran (Faperta Unpad), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan tim dari PS ITB sendiri.


Raih Juara 2 FF 2011 Eksternal

PS ITB berlaga melawan tim sepakbola putri UPI di final. UPI keluar sebagai pemenang dan meraih predikat juara. Sedangkan PS ITB meraih predikat juara kedua. "Tim putri PS ITB telah mempersiapkan diri untuk ajang ini. Latihan telah dimulai sejak awal bulan Ramadhan lalu, dilanjutkan intensif dan rutin setelah Idul Fitri," tutur Amalia Putri (Matematika 2009), Kepala Divisi Futsal Putri PS ITB.

Tim putri PS ITB telah banyak berpartisipasi pada kejuaraan sepakbola antarperguruan tinggi. Sebut saja Bandung Youth Bowl 2010 dan Spare7 Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI. "Tidak ingin sampai di sini saja (FF 2011 - red), kami ingin lebih sering lagi berpartisipasi di kejuaraan nasional," tambah Amalia.