ITB Raih Juara Umum Olimpiade Farmasi Indonesia III di Padang

By Christanto

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Civitas akademika ITB kembali menorehkan prestasi yang membanggakan. ITB kembali menjadi juara umum pada Olimpiade Farmasi Indonesia (OFI) III yang diadakan di Padang, 23 - 25 September 2011 lalu. Dua orang mahasiswa dari Sekolah Farmasi ITB berhasil meraih juara pertama dan kedua bidang farmasetika dalam kompetisi tersebut.

Acara yang melibatkan 69 orang delegasi dari 16 perguruan tinggi di Indonesia tersebut dibuka pada Jumat (23/09/11) di Padang. Setelah pembukaan, enam orang perwakilan dari Sekolah Farmasi ITB, yaitu Yuda Prasetya Nugraha, Alyani Samhana, Egy Chandra, Adhitya Jessica, Bernard Manuel, dan Larasati Arrum bersaing dalam Lomba Tahap I OFI III.

Babak final OFI III sendiri diadakan pada Sabtu (24/09/11). Dua orang yang sebelumnya mengikuti seleksi terpilih sebagai finalis OFI III, yaitu Yuda Prasetya Nugraha dan Egy Chandra. Kedua wakil ITB tersebut dinyatakan lolos sebagai finalis untuk bidang farmasetika. Uniknya, keduanya berhasil meraih juara pertama dan juara kedua dalam kompetisi tersebut. Juara pertama diraih oleh Yuda Prasetya Nugraha, sementara juara kedua diraih oleh Egy Chandra. Keduanya merupakan mahasiswa Sains dan Teknologi Farmasi, Sekolah Farmasi ITB.

Tentang OFI

OFI diselenggarakan oleh Komite Olimpiade Farmasi Indonesia (KOFI) yang merupakan lembaga independen yang dibentuk dan berkedudukan di Fakultas Farmasi UNAND. Peserta OFI dikelompokkan menjadi dua bidang lomba, yaitu bidang Farmasetika dan bidang Farmakologi/ Farmasi Klinis.

OFI diselenggarakan sebagai langkah untuk menunjang pendidikan ilmu farmasi di Indonesia, yang salah satunya diwujudkan dengan kegiatan yang dapat mengasah pengetahuan dan keterampilan mahasiswa di bidang IPTEK kefarmasian. Kegiatan ini pertama kali diadakan di Fakultas Farmasi Universitas Andalas Padang pada tahun 2009, dan mendapat dukungan penuh dari Dirjen Dikti.

Dalam rangkaian penutupan OFI III, ITB terpilih sebagai juara umum OFI III di Padang. Atas prestasi tersebut, ITB kembali mendapatkan tropi bergilir juara umum dari Dirjen Dikti, setelah sebelumnya menjadi juara umum pada ajang yang sama.

Foto: Dokumentasi pribadi