ITB Pelopor Olahraga Hoki di Indonesia

Oleh Vernida Mufidah

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Invitasi Hoki Ruangan antar Perguruan Tinggi (IHRPT) ke-26 telah dilaksanakan. Dimana 39 tim dari 18 universitas di Indonesia bersaing secara sehat untuk merebut tropi pada tahun ini. Kategori yang dipertandingkan pada kejuaraan hoki ialah putra, putri dan campuran. Adapun sistematika pertandingan berupa semi turnamen. Turnamen ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna (GSG) ITB pada Senin minggu lalu hingga Kamis ini (19-29/09/11).

"Ajang hoki ini sebenarnya merupakan salah satu cara untuk menjaga silaturahmi antar perguruan tinggi, apalagi ini kejuaraan tertua di Indonesia. Bahkan salah satu dosen ITB lah yang memperkenalkan dan membawa hoki ke Indonesia." tutur Husam sebagai salah satu panitia kepada Kantor Berita ITB di sela pertandingan.

Husam juga menambahkan bahwa turnamen ini adalah turnamen hoki tertua yang bergengsi bahkan merupakan salah satu turnamen yang ditunggu-tunggu. IHRPT ke-26 ini mengalami kemajuan dari tahun ke tahun, dengan tingkat sportivitas yang semakin meningkat, peserta yang bertambah banyak dan jangkauan peserta dari universitas luar daerah semakin luas.

"Ini lebih ke tradisi, bukan masalah hadiahnya!" tegas Husam mengenai makna dari acara IHRPT.

Peran ITB Dalam Olahraga Hoki

Dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Primadi Thabrani merupakan orang yang pertama kali membawa olahraga hoki ke Indonesia. Ia mengajarkan kepada mahasiswa ITB awalnya dan tentunya dari titik inilah IHRPT mulai dicetuskan dan menjadi kejuaraan tertua.

Dalam IHRPT ini tidak hanya silaturahmi yang diutamakan, namun pengajaran dan pembelajaran mengenai hoki pun dilaksanakan. Salah satunya dengan sistem wasit dari setiap universitas yang mengikuti turnamen. Sistem ini mengharuskan setiap peserta mengirim wasit, dan wasit inilah yang akan diajari bagaimana memimpin pertandingan dengan baik. Dari pembelajaran ini diharapkan wasit tersebut dapat memberikan apa yang ia dapatkan selama di ITB ke daerahnya.


scan for download