Berita / Institusi

ITB Pecahkan Rekor MURI dengan Pelatihan '7 Habits for New College Students'

Shinta Michiko Puteri - Selasa, 9 Agustus 2011, 21:23:46
BANDUNG, itb.ac.id - ITB bekerja sama dengan Yayasan Dunamis berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kategori "Pelatihan Mahasiswa Baru Secara Paralel dengan Fasilitator Terbanyak, 135 Fasilitator di 67 Kelas" dengan mengadakan acara Pelatihan The 7 Habits for New College Students. Rekor tersebut tercatat pada Kamis (04/08/11) di ITB.

Dengan tujuan membekali para mahasiswa baru untuk memahami nilai ITB sebagai almamter dan mengembangkan potensi dalam pembentukan karakter, pelatihan The 7 Habits for New College Students diberikan kepada 3199 mahasiswa baru ITB. "Pelatihan-pelatihan seperti ini sudah diberikan kepada mahasiswa baru sejak beberapa tahun yang lalu," ujar Kepala Lembaga Tahap Persiapan Bersama (TPB), Ahmad Nuruddin.

Perbedaannya dengan yang tahun lalu, pelatihan sekarang diberikan secara institusi dan tidak lagi dilakukan terpisah di program studi. Ahmad menjelaskan bahwa untuk materinya, tema pelatihan yang diberikan kepada mahasiswa baru selalu disesuaikan. "Untuk tahun ini, pelatihan diadakan dua kali dengan tema materi motivasi," tambah Ahmad.

"Acara pelatihan ini menjadi acara besar karena melibatkan semua mahasiswa baru dengan puluhan fasilitator. Namun, yang terpenting adalah jika pelatihan ini dapat membawa dampak yang berkelanjutan serta membentuk pola pikir mahasiswa ITB untuk menunjukkan jati dirinya sebagai putra dan putri terbaik bangsa," tutup Ahmad.

Pengembangan Karakter Menjadi Kepemimpinan yang Kokoh

Program pelatihan The 7 Habits for New College Students merupakan suatu program pengembangan karakter kepemimpinan yang kokoh dengan berdasarkan program The 7 Habits of Highly Effective People karya Stephen R Covey. Melalui pelatihan The 7 Habits for New College Students para mahasiswa dilatih untuk menjadi mandiri seperti yang dijabarkan dalam kebiasaan 1-3 dalam The 7 Habits.

Ketujuh kebiasaan tersebut yaitu: (1) Jadilah proaktif yang mengajarkan mahasiswa untuk bertanggung jawab atas masa depan mereka; (2) Memulai dengan tujuan akhir dengan membuat visi misi; (3) Dahulukan yang utama dengan menentukan prioritas; (4) Berpikir win-win solution untuk berhubungan dengan orang lain; (5) Berusaha mengerti terlebih dahulu baru dimengerti; (6) Sinergi dengan meningkatkan kerja sama; dan (7) Mengasah gergaji dengan menyeimbangkan kehidupan pribadi dan kuliah mereka.

Sumber: Kompas.com, Buku Introduction to the 7 Habits of Highly Effective College Students
Foto: Bisnis-Jabar.com, Detik.com, Blog