Bersama Orang Tua Mahasiswa, ITB Berikan Pendidikan Terbaik

Oleh Nofri Andis

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Institut Teknologi akan terus memberikan pendidikan yang terbaik bagi mahasiswanya. Agar hal tersebut tercapai, ITB tentu saja membutuhkan peran serta dari orang tua mahasiswa. Hal ini disampaikan oleh Rektor ITB Prof. Akhmaloka Ph.D saat memberikan sambutan pada acara silaturahmi Ikatan Orang Tua Mahasiswa ITB di Sabuga, Sabtu (30/7).

"Kami dipercaya mendidik anak-anak Bapak dan Ibu sekalian. Kami akan berusaha melaksanakannya sebaik mungkin, namun kami tetap memerlukan bantuan Bapak Ibu sekalian," kata rektor dihadapan ratusan orang tua mahasiswa baru ITB.

Rektor mengucapkan selamat kepada para orang tua atas bergabungnya anak-anak mereka menjadi keluarga baru ITB. Kemudian, rektor mengatakan, mahasiswa yang diterima di ITB rata-rata berada pada posisi 5% terbaik di Indonesia.

"Putra-putri Bapak Ibu sekalian adalah putra-putri pilihan," puji rektor. Rektor pun menghimbau para orang tua agar senantiasa menyokong putra-putri mereka di ITB.

Sejak 14 Juli 1968, orang tua mahasiswa ITB telah memiliki organisasi bernama Ikatan Orang tua Mahasiswa (IOM) ITB. Rektor mengatakan, IOM merupakan bagian pelengkap ITB yang kerap membantu para mahasiswa ketika mereka menghadapi suatu permasalahan.

Ketua Umum IOM-ITB Dr. Ir. Rakhmat Ceha, M.Eng mengatakan, IOM kerap memberi bantuan kepada mahasiswa guna menunjang pendidikan mereka. Setiap semester, ratusan mahasiswa mendapat bantuan biaya pendidikan atau biaya hidup.

"IOM juga mencarikan orang tua asuh bagi beberapa mahasiswa. Orang tua asuh akan memberikan bantuan sesuai dengan kesepakatan. Ada yang membantu sampai mahasiswa lulus," jelas beliau.

Dr. Rakhmat mengatakan, sejak didirikan, IOM-ITB terus berkembang. Saat ini sudah memiliki 21 cabang daerah. Dalam situs resmi IOM-ITB, beliau mengatakan, di waktu mendatang, IOM-ITB diharapkan dapat berperan lebih baik dan optimal, sehingga benar-benar aktif sebagai mitra ITB dalam mewujudkan visi pendidikan yang diembannya, sekaligus menjadi wakil orang tua dalam memantau dan mendampingi putera-puterinya.

"Terima kasih kepada ITB atas dukungan kepada IOM selama ini," kata dia.

Acara silaturrahmi tersebut kemudian dilanjutkan dengan talkshow oleh Presdir PT XL Axiata Tbk, Ir. Hasnul Suhaimi, MBA. Alumni Teknik Elektro ITB tersebut bercerita bagaimana menempa nilai-nilai kepemimpinan kepada putra-putri agar menjadi pemimpin terbaik. Kemudian, Kepala Lembaga TPB ITB Dr. Ir. Ahmad Nuruddin, M.Sc. bercerita soal kiat Sskses belajar pada Tahap Persiapan Bersama (TPB) di ITB.

Agar para orang tua mahasiswa lebih memahami apa yang akan digeluti putra-putri mereka di ITB, acara kemudian dilanjutkan dengan kunjungan para orang tua ke fakultas dimana anak-anak mereka menimba ilmu.


scan for download