Berita / Utama

4icu: ITB Raih Peringkat 44 Dunia

Ria Ayu Pramudita - Selasa, 19 Juli 2011, 23:15:42
BANDUNG, itb.ac.id - ITB memperoleh peringkat 44 pada tahun 2011 dalam kategori universitas terbaik di dunia versi direktori internasional 4 International College and Universities (4icu.org). Hal ini merupakan prestasi yang luar biasa karena berdasarkan prestasi yang diperbarui pada Rabu (06/07/11) ini, ITB berada pada peringkat 11 di Asia, peringkat 2 di Asia Tenggara, dan menjadi jawara di Indonesia.Sembilan peringkat teratas dunia diduduki oleh universitas-universitas dari Amerika Serikat dengan Massachusetts Institute of Technology (MIT) sebagai peringkat puncak, sedangkan peringkat 10 diduduki oleh University of Cambridge di Inggris. Peking University di Cina yang menduduki peringkat 13 dunia berhasil menjadi yang terbaik di Asia, mengalahkan Keio University di Jepang (peringkat 2 Asia) dan National University of Singapore (NUS) di Singapura (peringkat 5 Asia). Sedangkan di Asia Tenggara, NUS duduk di puncak, satu peringkat di atas ITB. Universitas di Indonesia yang berhasil masuk dalam 100 besar versi 4icu.org adalah ITB dan UGM (peringkat 17 Asia).

Peringkat ini merupakan prestasi dari total 10000 universitas di 200 negara yang terdaftar dalam database 4icu.org. Universitas yang masuk ke dalam database 4icu.org memenuhi beberapa kriteria, yaitu dikenal, dilisensi, dan diakreditasi oleh badan nasional atau regional, seperti kementerian pendidikan atau organisasi akreditasi internasional lainnya, mampu memberikan gelar sarjana dan/atau pascasarjana secara resmi, melakukan kegiatan belajar-mengajar secara tatap muka, dan memiliki website resmi yang bekerja. 4icu.org sendiri merupakan sebuah direktori online nonprofit yang berbasis di Australia, yang tidak menarik bayaran dari pihak manapun, baik pengunjung maupun organisasi-organisasi yang terkait.

Peringkat universitas versi 4icu.org ini merupakan cerminan popularitas dari sebuah universitas berdasarkan popularitas dari website yang dimiliki. Popularitas online dari sebuah universitas (yang dilihat dari popularitas website-nya) menjadi sebuah hal yang makin dibutuhkan pada masa kini, di mana internet menjadi salah satu sumber informasi utama masyarakat.

Peringkat yang digunakan oleh 4icu.org dihasilkan oleh sebuah algoritma yang menggunakan tiga web metric yang independen dan tidak memihak yang disarikan dari tiga mesin pencari berbeda: Google Page Rank, Yahoo Inbound Links, dan Alexa Traffic Rank. Hal ini tentu saja merupakan kabar gembira bagi ITB.ac.id sebagai website resmi ITB, sekaligus menjadi cambuk untuk terus menyediakan layanan terbaik bagi para pengunjung website.