Muhammad Ramdhani: Semangat Kemahasiswaan Untuk Indonesia

Oleh Ramasha Shella Gustia

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - "ITB sebagai salah satu perguruan tinggi menganut 'Tridharma Perguruan Tinggi', yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Kita semua menuntut ilmu di perguruan tinggi ujungnya pasti untuk pengabdian masyarakat. Penting bagi mahasiswa menumbuhkan semangat untuk nantinya mengamalkan ilmunya untuk masyarakat. Karena itulah pada PROKM 2011 ini saya mengusung tema 'Semangat berkemahasiswaan untuk Indonesia'," ungkap Muhammad Ramdhani, ketua PROKM ITB 2011.

Setelah membuktikan eksistensi dan kemampuan menjadi seorang komandan lapangan pada Inisiasi Keluarga Mahasiswa (INKM) ITB 2010, Dhani kembali berpartisipasi dalam kegiatan Pengenalan Ruang dan Orientasi (PROKM) ITB 2011. Konsep PROKM ITB 2011 yang diusung Dhani ini nantinya akan mengarahkan mahasiswa ITB angkatan 2011 untuk beraktivitas dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan, sehingga mereka akan terpicu untuk memanfaatkan potensi kemahasiswaan di ITB untuk menjalankan pengabdian masyarakat.

Mahasiswa yang aktif menjadi staf Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) KM ITB sejak tahun 2008 hingga 2010 ini juga mengungkapkan bahwa PROKM ITB 2011 ini akan menjadi sebuah wadah untuk pengembangan minat dan bakat mahasiswa angkatan 2011. Menurut anggota unit Robotika ini potensi akademik dan organisasi diharapkan dapat ditunjang oleh peningkatan potensi mahasiswa tersebut.

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Dhani mengungkapkan bahwa PROKM ITB 2011 nantinya akan memfasilitasi mahasiswa angkatan 2011 untuk mengenal ITB dan kemahasiswaan di dalamnya. Dengan pengenalan ini mahasiswa angkatan 2011 diharapkan dapat mengetahui bagaimana budaya dan kegiatan kemahasiswaan di kampus. "ITB nantinya akan menjadi rumah baru mereka, tempat dimana mereka akan belajar dan bersosialisasi. Kan ada pepatah kalau tak kenal maka tak sayang, karena itu PROKM 2011 inilah sarana untuk mengenal kemahasiswaan ITB lebih jauh," jelas mahasiswa Teknik Mesin angkatan 2008 ini.

scan for download