Alumni ITB Dorong Terus Pengembangan Riset di ITB

Oleh Muhammad Fikri

Editor -

Seminar HR 1BANDUNG, itb.ac.id - Ikatan Alumni ITB bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITB mengadakan Seminar Hasil Penelitian Program Hibah Riset tahun 2011 pada Jumat (10/06/11). Bertempat di Auditorium Campus Center Timur ITB, dalam acara ini juga dipaparkan beberapa hasil penelitian yang didanai oleh hibah ikatan alumni.

Seminar HR 2Prof. Dr. Ismunandar, sekretaris LPPM Bidang Penelitian dalam sambutannya menuturkan bahwa ITB menargetkan 500 publikasi jurnal penelitian berskala internasional pada tahun 2011, meningkat dari tahun 2010 yang sebanyak 260 publikasi. LPPM juga memberikan insentif dana sebesar 10 juta rupiah untuk setiap jurnal yang dihasilkan dalam upaya lain dalam meningkatkan angka publikasi jurnal penelitian ITB.

Hadir pula Prof. Dr. Freddy P. Zen selaku Sekretasis Jenderal IA ITB. Freddy menurutkan bahwa program hibah penelitian rutin dilakukan karena tercantum dalam AD/ART IA ITB. "Banyaknya jurnal dan publikasi penelitian akan menciptakan kemandirian ITB di dunia internasional, hal ini akan meningkatkan daya saing bagi ITB dan Indonesia, " tutur Freddy.

Seminar HR 3Distributed Digital Learning adalah salah satu hasil penelitian yang dilakukan Achmad Imam Kistijantoro M.Sc., Ph.D. dari Kelompok Keahlian Informatika. Hasil penelitian ini dapat menyelesaikan permasalahan dalam distribusi bahan pembelajaran yang ada di sekolah-sekolah, salah satunya untuk proses pengadaan materi belajar dan proses penyuntingannya.

Selain penelitian tersebut, hasil penelitian lain yang didanai oleh Ikatan Alumni pada periode 2010-2011 antara lain:

Tunable Microwave Radar Absorber Using Textured Surface Technology (Dr. Eng. Achmad Munir),

Multi Charged Black Holes in N = 1 Supergravity (Dr. Bobby Eka Gunara S.Si., M.Si),

Modelling of Phase Transition Parameters in One-Dimensional Granular Materials (Dr.rer.nat. Sparisoma Viridi S.Si),

Estimation of Caffeine as a marker of CYP1A2 activity in Indonesian Sample Population Using Saliva (Dr. Lucy Dewi Nurhajati Sasongko M.Si.),

Modeling and Simulation of shoreline change behind mangrove offshore protection (Dr. Sri Redjeki P. F. MS)

Development of Vortex Element Method for Simulating Flow around Long-Span Bridge (Dr. Lavi Rizki Zuhal),

An Integrated Dynamic Multi Echelon Modeling and Control of Gasoline Transport and Distribution through Pipeline (Ir. Estiyanti Ekawati MT, Ph.D.),

Development of Virgin Coconut Oil as Anti-Nicotine Addiction (Dr. Kusnandar Anggadiredja S.Si., M.Si.),

Utilization of Indonesian Kaolin as a Precursor for Hydrocarbon Processing Catalyst Support (Dr. Tjokorde Walmiki Samadhi, S.T., M.T.),

Metal-Organic Frameworks for Hydrogen Storage Materials (Aep Patah, Ph.D),

Ergonomic Intervention Using Blue Light for Enchancing Worker Awareness (Yassierli, S.T., M.T., Ph.D.), dan

Spin Entropy and Electronic Correlation Contributions to The Thermopower of Sm-DOPED (BiPb)2Ca2Co2O8 Thermoelectric Material (Dr. Inge Magdalena S, S.Si, M.Si.)


scan for download