Workshop Jurnalistik GATRA: Konsep Menyeluruh Majukan Pers Mahasiswa

Oleh Ramasha Shella Gustia

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Keluarga Mahasiswa (KM) ITB pada Kamis (28/04/11) yang lalu bekerjasama dengan GATRA menyelenggarakan Workshop Jurnalistik Pers Kampus. Workshop jurnalistik ini merupakan salah satu dari rangkaian workshop untuk memajukan peran pers mahasiswa di universitas negeri di Indonesia.

Workshop yang berlangsung pukul 08.00 - 17.00 WIB ini diikuti oleh perwakilan media dari himpunan mahasiswa jurusan dan unit kemahasiswaan media di ITB, serta peserta umum baik dari dalam ITB maupun dari universitas lain. Workshop ini cukup berbeda dari workshop jurnalistik yang pernah ada sebelumnya karena memiliki konten yang lebih variatif dan menyeluruh untuk media pers mahasiswa.

Tidak hanya materi jurnalistik, workshop ini juga membahas mengenai organisasi pers. Sesi organisasi pers ini menjadi sebuah ajang peserta--seluruhnya merupakan mahasiswa khususnya di perguruan tinggi di Bandung--untuk mengetahui organisasi pers komersial yang ada saat ini. Dengan mendapatkan gambaran umum dari organisasi dan tata kerja pers secara umum ini, mahasiswa diharapkan dapat melakukan pembelajaran dengan membandingkan antara organisasi dan tata kerja pers secara umum dengan organisasi dan tata kerja pers yang berlaku di masing-masing media yang diwakilkan mahasiswa tersebut.

Tidak meninggalkan inti dari workshop jurnalistik ini, pihak GATRA juga menghadirkan narasumber yang langsung berkecimpung di dalam pengelolaan berita untuk memaparkan materi mengenai peliputan dan penulisan berita investigasi. Mahasiswa di sini diharapkan dapat menjadi pihak yang kritis dan peka terhadap sebuah isu. Dalam melakukan peliputan berita investigasi, mahasiswa harus dapat melihat permasalahan dari berbagai sudut pandang sehingga dapat mengumpulkan data secara lengkap dan beragam. Penulisan berita pun harus mengikuti mekanisme yang ada, tergantung dari kebijakan media pers masing-masing. Tetapi, narasumber menekankan penulisan berita diharapkan tetap memenuhi syarat standar berita, seperti kehangatan berita, kesesuaian dengan konsep media pers, dan beberapa syarat standar yang lain. Peserta juga diberikan sesi khusus untuk melakukan praktik langsung.

Kemampuan fotografi berita yang baik merupakan kemampuan wajib bagi setiap mahasiswa yang berkecimpung di dalam dunia pers kampus. Workshop ini juga menyediakan sesi khusus yang membahas mengenai fotografi berita yang baik dan menarik. Sesi ini bukan merupakan sesi pemberian materi dari pembicara, tetapi lebih merupakan sesi tanya jawab fotrografi berita yang dimanfaatkan peserta untuk melakukan eksplorasi lebih jauh mengenai kualitas standar yang harus dipenuhi sebuah foto agar dapat disebut foto berita.

Selain workshop, diadakan pula sayembara media cetak mahasiswa. Para peserta yang berpartisipasi diminta untuk membawa contoh salah satu edisi majalah atau buletin media yang diwakili pada workshop tersebut. Majalah dan buletin ini selanjutnya dinilai oleh tim dari GATRA dari segi tampilan, konten, dan fotografinya. Majalah dari Keluarga Mahasiswa Sekolah Bisnis Manajemen (KM SBM) ITB berhasil menjadi majalah terbaik pada sayembara ini.

(foto: dokumentasi KM ITB)


scan for download