Matematika ITB Raih Meritorius Award dalam Ajang Modelling Internasional

Oleh Hastri Royyani

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Program Studi Matematika ITB mengakhiri semester genap tahun ini dengan torehan prestasi gemilang dalam ajang pemodelan matematika internasional. Bersama Perguruan Tinggi dari Amerika Serikat, China, dan Spanyol, Matematika ITB memboyong predikat Meritorius Award pada Mathematical Contest in Modelling (MCM) 2011 bersaing dengan 3510 tim dari berbagai negara di dunia.  
"MCM ini menantang peserta untuk menganalisa hingga menemukan solusi dari masalah yang telah ditentukan," ujar salah seorang tim peraih Meritorius Award, Angga Muhammad Fuady (Matematika 2007). Ia menambahkan setiap tim hanya diberi waktu lima hari yakni Selasa-Senin (15-21/05/11) pada lomba yang diselenggarakan oleh Asosiasi Matematikawan Amerika Serikat ini.

Setiap tahun MCM menghadirkan masalah yang tidak hanya terkait Matematika dan untuk tahun ini tiga buah masalah tersebut berelasi kuat dengan Fisika. "Selama lima hari, kami tidak hanya berusaha membuat modelling matematika saja," ujar Novry Erwina (Matematika 2007). Proses terberat adalah memahami materi Fisika terkait masalah yang diberikan hingga pada akhirnya tercipta ide ingin membuat model seperti apa, papar anggota tim peraih Honorable Mention dalam MCM 2011.

Tak kurang enam tim dari Matematika ITB mengikuti ajang tahunan MCM kali ini. Setelah satu bulan, penyelenggara resmi merilis hasil lomba pada Minggu (29/04/11) dalam situs www.comap.com. Hasil yang diperoleh Matematika ITB: satu tim meraih Meritorius Award, empat tim memperoleh Honorable Mention, dan satu tim lain mendapat predikat Succesful Participant.

Meritorius Award Hanya Langkah Awal

Meraih Meritorius Award dalam modelling contest, tim yang terdiri dari Angga M. Fuady, Rizka Zakiah D., dan Pangeran  Bottor H.  memberikan optimisme bagi Matematika ITB untuk ajang MCM selanjutnya. Senada dengan harapan Fuad, "Prestasi tahun ini hanya sebuah langkah awal dan semoga menjadi pemicu bagi mahasiswa Matematika ITB untuk memperoleh Outstanding Award di MCM tahun 2012." Fuad mengungkapkan saat ini peraih Outstanding Award masih didominasi oleh China dan Amerika Serikat.

Kerja keras setiap tim selama lima hari melakukan modelling bukan tanpa hambatan. Miftakhul Falah, anggota tim peraih Succesful Participant menuturkan, "Manajemen emosi menjadi hal yang penting." Karena tuntutan lomba memberikan tekanan mental besar hingga bisa mengganggu pembuatan model jika tidak dikelola dengan baik, lanjut Falah.

Selain peraih Meritorius Award, kelima tim Matematika ITB lainnya yang berprestasi dalam MCM tahun ini: Iqbal Hadyan K., Indra Pratama P., Iryanto (Honorable Mention); Karunia Putra W., Rudy Kusdiantara, Dewi Handayani (Honorable Mention); Nandia Primasari, David Harison, A. M.  Ridho (Honorable Mention); Yosafat Eka P., Novry Erwina, Aulia R. M. Fikri (Honorable Mention); dan Miftakhul Falah, Denny Ivanal H., Mario Saputra (Successful Participant).

scan for download