Wisuda Kedua ITB 2010/2011: Menantikan Karya-Karya Inovatif dari 1103 Lulusan Baru ITB

By Vernida Mufidah

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Sebanyak 1103 mahasiswa berhasil menyelesaikan program pendidikannya di ITB, ditandai dengan diselenggarakannya Wisuda Kedua ITB Tahun Akademik 2010/2011. Pada wisuda kali ini. ITB meluluskan 664 lulusan program sarjana, 433 program magister, dan 26 lulusan program doktor di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB pada Sabtu (09/04/11).
Acara dimulai dengan pengambilan janji lulusan ITB dengan khidmat. Secara resmi, Rektor ITB, Prof. Dr. Akhmaloka kemudian menyatakan kelulusan 1103 civitas akademik sebagai lulusan baru ITB. Akhmaloka juga memberikan selamat kepada seluruh wisudawan yang telah menyelesaikan program pendidikannya dengan baik dan memberikan sambutannya mengenai peran serta ITB dan lulusannya dalam membangun bangsa.

"Saya mengharapkan ITB lebih dapat memperluas peranan dalam kemajuan bangsa. Diharapkan pula agar wisudawan dapat menjadi insan yang ramah dalam pengetahuan sehingga dapat mengoptimalkan kemampuannya masing-masing," tutur Akhmaloka dalam sambutannya.

Di akhir sambutan Akhmaloka membacakan penghargaan yang diraih oleh insan ITB dari November 2010 hingga April 2011. Penghargaan tersebut diraih di skala internasional dan nasional, salah satunya adalah penghargaan yang diraih empat mahasiswa ITB yang memenangkan Tokyo Award dengan proposal-proposal riset terbaik. Untuk penghargaan yang diraih dosen ITB, Akhmaloka kembali mengingatkan tentang prestasi yang dicapai empat dosen Astronomi ITB yang diabadikan namanya.

"Indonesia menunggu karya-karya inovatif dari wisudawan, tunjukkanlah bahwa alumni ITB selain cerdas dapat diandalkan dan dipercaya," pesan Akhmaloka pada seluruh wisudawan.

Pengalaman dan Kesan Wisudawan

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Carmadi Machbub, menjelaskan bahwa wisuda kali ini menghasilkan 129 lulusan dengan predikat Yudisium Cumlaude, terdiri dari 38 lulusan program sarjana, 85 lulusan program magister dan lulusan 6 program doktor. Dari 129 lulusan tersebut, Carmadi berkesempatan untuk membacakan beberapa kesan dan pesan wisudawan mengenai ITB.

Dwi Amanda Utami dari Magister Biologi misalnya, berkomentar bahwa persahabatan yang kondusif dan dosen di ITB yang mendorongnya untuk maju menjadikan dirinya semakin semangat belajar. Wisudawan lain juga berkomentar mengenai adanya PCAD yang memudahkan lulusan ITB dalam karir, namun memiliki penunjang riset yang kurang.