Pameran Karya Tugas Akhir Mahasiswa Arsitektur ITB

By Amelia Rahma Faustina

Editor -

BANDUNG, itb.ac,id - Dengan mengusung tema "Floating", Arsitektur ITB mengadakan Pameran Karya Tugas Akhir Mahasiswa Arsitektur pada Senin - Kamis (04-07/04/11), bertempat di Galeri Arsitektur Labtek IXB.  Sebanyak 39 karya tugas akhir mahasiswa yang dipamerkan berupa desain masjid, hotel, perpustakaan, sekolah, museum, rumah sakit, bandara, gedung teater, dan lain-lain.

Memasuki Galeri, pengunjung disambut dengan karya- karya tugas akhir yang ditempelkan pada panel impraboard dan digantung dengan senar sehingga terkesan "mengambang". Maket karya diletakkan tepat di bawah panel sehingga pengunjung dapat dengan mudah melihat visualisasi tiga dimensi dari gambar. Hal yang menarik dari pameran tersebut adalah setelah melihat-lihat karya, pengunjung dipersilakan mengisi polling TA favorit dan kesan terhadap pameran diatas sebuah kotak yang menyala. Pengunjung juga dapat memperoleh katalog karya terpajang yang memang disediakan panitia.

Pameran ditujukan tidak hanya untuk mahasiswa ITB saja, melainkan juga mahasiswa-mahasiswa perguruan tinggi lain, diantaranya Universitas Parahyangan dan Universitas Langlangbuana. "Pameran ini diharapkan dapat menjadi agenda rutin yang berskala besar agar karya mahasiswa Arsitektur ITB dapat dikenal tidak hanya di dalam kampus namun juga di luar kampus," ujar Senni Nurul Auliani (Arsitektur 2009) sebagai penanggung jawab acara.

Pra-Wisuda

Pameran karya tugas akhir mahasiswa Arsitektur ITB adalah acara yang diadakan secara berkala, yaitu setiap masa wisuda ITB pada bulan April, Juli, dan Oktober. Setiap pameran mengusung tema yang berbeda-beda, tentunya dengan display dan layout karya yang unik. Acara yang biasanya menjadi pembuka rangkaian acara wisuda Arsitektur ITB oleh Ikatan Mahasiswa Arsitektur Gunadharma (IMA-G) ini diikuti oleh acara dari program studi, dilanjutkan dengan acara Foolish Story atau malam wisuda, dan pada akhirnya ditutup oleh acara pada hari wisuda.

Karya- karya yang terpajang dalam pameran ini, diantaranya: Gelanggang Seni Remaja Bulungan karya Desiree Syahnaz (Arsitektur 2006), Spa Resort di Ubud karya Delviyananda Saib (Arsitektur 2006), Bengkel Teater Rendra karya Andhang Rakhmat Trihamdani (Arsitektur 2006), Pengembangan Stasiun Bekasi karya Padhang Harryndra Subagio (Arsitektur 2006), dan Rumah Sakit Ketergantungan Obat karya Teki Kusumaswasti (Arsitektur 2006).

Sumber foto:http://itbfinalprojects.tumblr.com/