Ujian Tengah Semester di ITB: Jadwal Berbeda, Kesibukan Unik yang Berbeda

Oleh Ramasha Shella Gustia

Editor -

BANDUNG, itb.ac.id - Ujian Tengah Semester (UTS) merupakan salah satu kegiatan penting yang ada di ITB. Berbagai cara yang dilakukan mahasiswa dalam menghadapi UTS ini menjadi salah satu topik yang menarik untuk diliput oleh Kantor Berita ITB. Jadwal UTS yang berbeda untuk setiap program studi, membuat adanya kesibukan yang berbeda yang tampak di masing-masing gedung program studi.

Jadwal UTS sebenarnya telah diatur oleh Direktorat Pendidikan ITB. Namun, setiap program studi memiliki kebijakan masing-masing untuk mengikuti atau tidak mengikuti jadwal tersebut. Program studi menyesuaikan jadwal UTS dengan kondisi kegiatan belajar mengajar yang berlangsung. Bahkan ada beberapa dosen yang memutuskan untuk tidak mengadakan UTS dan lebih menekankan kepada kuis per minggu atau tugas-tugas. Perbedaan ini membuat kesibukan yang berbeda tampak di berbagai penjuru kampus.

Ujian setiap hari Jumat yang dirasakan oleh setiap mahasiswa Tahap Persiapan Bersama (TPB) tampak menjadi sebuah rutinitas di kampus. Mahasiswa TPB sering tampak berkumpul sambil membahas soal dari buku kumpulan soal maupun soal dari dosen di kantin setiap hari Jumat sebelum UTS dimulai.

Adanya tutorial mata kuliah dasar TPB seperti Kalkulus, Fisika, dan Kimia juga menjadi kegiatan rutin yang banyak diselenggarakan baik oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan dari program studi yang bersangkutan, unit kegiatan mahasiswa, maupun himpunan mahasiswa jurusan yang lain.

Minggu Tenang

Lain halnya dengan mahasiswa TPB, mahasiswa program studi Teknik Informatika dan Sistem Teknologi Informasi ITB, yang kegiatan UTS-nya terjadwal sesuai dengan jadwal dari pihak rektorat ITB. UTS yang diselenggarakan hanya seminggu ini memang dirasa berbeda dari mahasiswa TPB.

Salah satu mahasiswa program studi Teknik Informatika mengungkapkan bahwa dengan jadwal UTS yang hanya seminggu ini dapat menjadi minggu tenang walaupun belum dapat terbebas dari deadline tugas yang memang menjadi trademark dari program studi ini. "Tetapi ya konsekuensinya kami biasanya ada dua UTS dalam satu hari atau satu UTS dalam satu hari dan itu berlangsung setiap hari selama seminggu itu," ungkapnya.

Unik, Berbeda

Program Studi Desain Interior menawarkan sistem UTS yang juga berbeda. UTS yang lebih ke arah praktik di program studi ini mengharuskan mahasiswa untuk mempersiapkan bahan yang dibutuhkan sebelum UTS berlangsung dan mengerjakan UTS dalam waktu beberapa jam. Hasil karya UTS ini nantinya akan dinilai oleh dosen di hari lain.

Mahasiswa program studi Kimia dan di Sekolah Farmasi ITB justru memiliki tantangan berbeda saat UTS. Meskipun melaksanakan UTS, mahasiswa program studi ini tetap harus melaksanakan sebagian besar praktikum berjalan pada minggu UTS.

Masih banyak lagi aktivitas yang menarik yang dilakukan mahasiswa ITB dalam melaksanakan UTS. Jadwal yang berbeda membuat berbagai kesibukan berbeda menjadi menarik. Tetapi, hal yang terpenting ialah menanamkan sense kejujuran dalam mendukung UTS bersih.


scan for download